Kaum Perempuan Diharap Tampil di Pilkada 2020

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalimantan Tengah akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pilgub dan Pilbup serentak pada 2020 mendatang. Dalam pilkada kali ini, diharapkan ada sosok atau kaum perempuan yang diharapkan tampil, sehingga memberikan warna tersendiri dalam pesta demokrasi di Bumi Tambun Bungai ini.

Anggota DPRD Kalteng Natalia, sekaligus politisi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), mengatakan, keterwakilan atau keikutsertaan dari kaum perempuan pada pesta demokrasi akan memberikan warna tersendiri dalam perpolitikan di Kalteng.

Bacaan Lainnya

Membaca dari perpolitikan hingga sekarang ini, dia mengharapkan ada keterwakilan dari kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan pesta demokrasi tersebut. Karena, selain memberikan hak pilihnya di pilkada 2020 mendatang, kaum perempuan juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

“Kalau kami sebagai keterwakilan dari perempuan, kalau bisa harapannya ada ya, misalnya menjadi wakil calon atau diusung dari beberapa partai misalnya. Namun semua kembali lagi kepada masyarakat yang notabene-nya pemilih dalam pilkada nanti,” kata Natalia, saat dibincangi Tabengan, di Gedung Dewan, kemarin.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas (Gumas) ini juga berharap dalam pilkada 2020 nanti, partisipasi pemilih diharapkan dapat meningkat hingga 80 sampai 90 persen. Sehingga, ketika masyarakat menggunakan hak pilihnya, hendaknya kepala daerah yang terpilih dapat benar-benar membangun daerah menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dia juga mengharapkan, siapapun kepala daerah yang terpilih di pilkada 2020, harus dapat mengutamakan kepentingan masyarakat terlebih dahulu dan kemajuan pembangunan di Kalteng dapat lebih signifikan.

Sementara dari perkembangan perpolitikan di Bumi Tambun Bungai hingga saat ini, untuk pilgub ada beberapa nama yang telah muncul yang ingin maju dan berkompetisi diantaranya, Nyelong Inga Simon dan Alida Handau Lampe, sedangkan di Pilgub Kotim ada nama Suprianti Rambat. bob/sgh

Pos terkait