Meningkatnya Kriminal Dampak Turunnya Perekonomian Masyarakat

  • Whatsapp
Rudi Hartono
Rudi Hartono

KASONGAN/tabengan.com – Meningkatnya angka kriminalitas di Kabupaten Katingan adalah dampak dari menurunnya perekonomian masyarakat setempat. Demikian diungkapkan Rudi Hartono, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan kepada sejumlah media, Senin (30/12).

Menurutnya, orang melakukan kriminal seperti perkelahian dan pencurian lantaran pikirannya labil, dan kelabilan tersebut akibat tidak memiliki aktivitas atau pekerjaan tetap.

“Tapi, jika mereka memiliki pekerjaan tetap tentu saja memperoleh penghasilan guna menghidupi dirinya bagi yang belum berkeluarga dan dapat menghidupi rumah tangganya bagi yang berkeluarga,” terang Rudi.

Tapi, jika tidak memiliki pekerjaan tetap, mereka beranggapan semua aktivitas yang dilakukannya benar, meskipun ia sendiri sudah mengetahui bahwa apa yang dikerjakan itu melawan hukum atau melanggar aturan dan perundang-undangan.

Untuk mengantisipasi, paling tidak meminimalisir perbuatan yang melanggar hukum tersebut, Rudi berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, di samping memberikan penyuluhan melalui instansi terkait, juga menyediakan lapangan pekerjaan kepada mereka.

Salah satunya, Pemkab melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat memberikan lapangan pekerjaan melalui proyek padat karya, seperti pembuatan jalan dari tempat tinggalnya menuju ke lahan pertanian dan perkebunan.

“Dananya bisa saja menggunakan Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD. Sedangkan yang mengerjakan jangan diberikan kepada kontraktor, tapi serahkan kepada masyarakat setempat dengan cara swakelola,” saran legislator Partai Golkar ini.

Atau, dengan DD dan ADD bisa juga membuat proyek pengadaan bibit ternak ayam, burung puyuh, bebek dan bibit perkebunan, yang hasilnya nanti sebagian masuk ke kas desa dan sebagian untuk masyarakat yang mengerjakannya. Dengan adanya pekerjaan, mereka dipastikan tidak lagi berpikir yang macam-macam.

“Karena, apa yang dikerjakannya itu sudah dapat dipastikan memperoleh hasil, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk biaya rumah tangganya,” pungkas anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. c-dar

Pos terkait