Tips Jadi Kaya buat Milenial

  • Whatsapp

Tabengan.com – Grant Sabatier dari komunitas keuangan milenial, mengungkapkan cara Anda bisa mendapatkan uang sebesar USD 10.000 atau Rp 139 juta di usia muda.

Ia pun menceritakan pengalaman, sekitar 10 tahun lalu saat ia berumur 20-an, ia dipandang sebagai remaja yang tampak suram tak memiliki masa depan.

Bacaan Lainnya

Namun, kini diusianya yang ke 35 tahun, ia mampu menghasilkan kekayaan sebesar USD 1 juta atau Rp 13 miliar ( usd 1 = Rp 13,961), dan ia baru saja menerbitkan buku pertamanya, yakni “Kebebasan Finansial.”

Menurutnya, memikirkan cara mendapatkan uang banyak hanya akan membuat diri Anda pusing. Maka Anda harus rajin dalam mengatur pengeluaran setiap hari.

Ia optimis, bahwa kaum milenial bisa mendapatkan atau mengumpulkan uang hingga USD 10.000, meskipun itu tergantung gaji. Itu juga semua tergantung pada kebiasaan gaya hidup dan kemahiran dalam berinvestasi.

“Buat saja beberapa perubahan ini selama enam bulan ke depan untuk mendapatkan USD 10.000,” kata Sabatier, dikutip dari laman CNBC.com, Sabtu (28/12/2019).

Dia memaparkan hal-hal apa saja yang mampu mendorong Anda agar bisa mengumpulkan uang hingga USD 10.000.

1. Cepat dalam berinvestasi
Salah satu hal tersulit dalam memulai, adalah bahwa Anda belum memiliki kebiasaan. Saat Anda membangun kebiasaan, pertumbuhan lebih lambat.

“Semakin kecil saldo investasi Anda, semakin lambat uang Anda tumbuh,” kata Sabatier.

2. Simpan Uang lebih banyak dengan jumlah kecil
Anda dapat memikirkan uang dalam salah satu dari dua cara: dalam bentuk dolar maupun rupiah, atau dalam persentase. Menggunakan persentase memungkinkan Anda, menipu diri sendiri untuk menabung lebih banyak tapi Anda tak merasakan ada perubahan.

Itu karena Anda tidak dapat membeli apapun yang harganya 1%. Alih-alih mengatakan Anda akan menghemat USD 300 atau Rp 4 juta lebih banyak setiap bulan, jumlah yang dapat Anda pahami adalah jangan mudah dan tergoda untuk dibelanjakan.

3. Investasikan uang tunai dari Kerja sambilan
Sabatier menghasilkan USD 60 atau Rp 800 ribu, untuk merawat kucing tetangganya. Alih-alih membelanjakannya, ia langsung memasukkannya ke akun brokernya. Itu adalah cara lain untuk meningkatkan tabungan Anda secara manual.

“Setiap dolar yang Anda hasilkan di samping, investasikan secepat mungkin, Karena Anda ingin mendapatkan uang ekstra yang Anda hasilkan untuk mulai bekerja secepat mungkin.”

4. Strategi pengumpulan
Sabatier memeriksa kekayaan bersihnya setiap hari. Jika jumlahnya USD 7.987 atau Rp 111 juta, dia akan menyisihkan uang USD 13 atau Rp 181 ribu untuk diinvestasikan. “Aku sedikit OCD,” katanya.

Metode tanpa biaya adalah untuk menyetor bit uang ekstra ke dalam rekening pasar uang di Vanguard. Ketika dia telah mengumpulkan cukup banyak, katakanlah USD 200 atau Rp 2 juta, dia akan menginvestasikannya dalam dana indeks berbiaya rendah.

Intinya adalah Anda sebagai kaum milenial bisa menggunakan pola pikir untuk mendapatkan uang tambahan ke akun investasi Anda.

Pos terkait