Teknologi pada Anak Perlu Bimbingan dan Pengawasan

  • Whatsapp
Evi Kahayanti
Evi Kahayanti
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Berkembangnya teknologi dimasa kini selain memberikan dampak positif, juga berefek pada pengaruh negatif. Kondisi itu bisa saja terjadi pada anak-anak, yang notabene banyak menjadi pengguna teknologi, macam smartphone berbasis ragam Operating System (OS).

Bebasnya konten-konten yang berseliweran di dunia maya, jelas akan sangat sulit dicegah apabila anak-anak aktif di lingkup tersebut. Kondisi itu sendiri, mendapat tanggapan dari kalangan DPRD Kalteng. Anggota Komisi III Evy Kahayanti berpendapat persoalan itu bisa diredam, apabila orang tua mengawasi secara langsung, anak dalam bermain internet.

Bacaan Lainnya
iklan atas

“Perkembangan teknologi memang tidak bisa kita bendung dan cegah lagi. Semua kalangan bisa menggunakannya, tidak terkecuali anak-anak kecil. Maka filternya bisa dilakukan oleh orang tua dalam pengawasan, ketika anak bermain smartphone,” ujarnya kepada awak media belum lama ini.

Dirinya tidak memungkiri banyak konten negatif berbau dewasa, yang bisa dibuka secara bebas. Kalaupun tidak dibuka secara langsung, bisa saja muncul iklan ataupun sejenisnya, yang memperlihatkan tontonan kurang pantas bagi anak-anak. Misalnya saja ketika membuka youtube atau situs lainnya, dimana muncul iklan-iklan dewasa, yang belum dipahami anak dibawah umur.

Wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas itu menambahkan, kendati begitu teknologi juga memiliki manfaat positif . “Anak-anak bisa belajar langsung tanpa mentor dan mampu mempelajari dalam waktu singkat. Contohnya bahasa inggris atau edukasi lain, yang mengikuti perkembangan zaman,” ujar wanita murah senyum tersebut.

Untuk itu dirinya berharap agar masalah ini menjadi perhatian dari orang tua. Bimbingan serta saran orang-orang terdekat di lingkungan rumah, mampu memberikan pengaruh positif bagi anak. Intinya memberikan pendidikan yang baik, dengan pengaruh tumbuh kembang mental menuju kedewasaan secara optimal. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas