Bappelitbang Kalteng Diminta Beradaptasi dengan Perubahan

  • Whatsapp
agustin teras narang di balitbang
Anggota DPD RI Dapil Kalteng Agustin Teras Narang saat melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan di Bappelitbang Kalteng dalam rangka reses perseorangan di Palangka Raya, Senin (23/12).

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Agustin Teras Narang mengingatkan sekaligus mengajak Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Kalteng agar beradaptasi serta terus mengikuti perubahan yang terus menerus terjadi di negeri Indonesia.

Menurut Teras, keberadaan Bappelitbang ini sangat penting dan strategis karena berkaitan dengan perencanaan dan penelitian sekaligus pusat data provinsi.

Bacaan Lainnya

“Kalau Bappelitbang Kalteng beradaptasi dan cepat mengikuti perubahan, maka perencanaan pembangunan yang disusun diharapkan akan dapat mengikuti perubahan tersebut,” katanya saat melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan di Bappelitbang Kalteng dalam rangka reses perseorangan di Palangka Raya, Senin (23/12).

Selain mengajak cepat dan tanggap mengikuti perubahan, Bappelitbang Kalteng juga diingatkan terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Sebab, Provinsi Kalteng pasti menjadi daerah penyangga Ibu Kota RI tersebut, sehingga diharapkan Bappelitbang perlu segera mengantisipasi untuk membuat penelitian dan perencanaan secara komprehensif.

Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu juga mengharapkan Bappelitbang dapat memberikan data perencanaan dan perkembangan pembangunan yang sudah, sedang serta akan dilakukan provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Dia mengatakan hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah tidak terlepas dari perencanaan. Untuk itulah, data perencanaan tersebut sangat diperlukan sebagai dasar DPD RI, khususnya Senator asal Kalteng mengomunikasikan ke pemerintah pusat.

“Saya berharap data yang diberikan itu berbentuk tulisan. Dan, harapannya, data tersebut juga mencantumkan perencanaan jangka panjang, menengah dan pendek Provinsi Kalteng,” kata Teras. adn

Pos terkait