Kapuas Luncurkan Beras Perpaduan Siam-Pulen

  • Whatsapp
beras kapuas
Kadis Pertanian Kapuas Anjono Bhakti (baju PDH) saat mencoba mengolah lahan dengan traktor di lokasi tanam bersama dengan Poktan, Rabu (18/12). YULIANSYAH
iklan atas

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Dalam rangka meningkatkan kegiatan cluster sebagai penunjang ketersediaan beras, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Kapuas meluncurkan jenis beras perpaduan yang menghasilkan rasa antara nasi beras siam dan pulen.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas dan Hortikultura Kapuas Anjono Bhakti mengatakan, sebenarnya produksi beras Kapuas perpaduan rasa antara nasi siam dan pulen yang disebut dengan beras IPB 1R Dadahup ini sudah dikembangkan sejak 2012 lalu. Namun, untuk pelepasan dan pengemasannya baru 2019 ini dilakukan.

Bacaan Lainnya
iklan atas

“Kenapa produksi padi atau beras ini kita namakan dengan IPB 1R Dadahup, sebab ini hasil kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor dan Distan Kapuas, persilangan antara padi Siam Mutiara dan Fatmawati, sementara lokasi pengembangannya dilakukan di Kecamatan Dadahup,” jelasnya usai melakukan tanam bersama dengan kelompok tani di wilayah Dadahup, Rabu (18/12).

Diharapkan, hasilnya dapat lebih meningkatkan kesejahteraan petani Kapuas, karena hasil yang didapat tidak kalah dengan jenis padi yang selama ini ditanam oleh petani di wilayah kecamatan lain yang ada di Kapuas, sebab mempunyai karakteristik sendiri.

Saat ini untuk bisa mendapatkan beras IPB 1R Dadahup masih terbatas dan hanya bisa dibeli di Kantor Distan Kapuas, karena belum dilaunching secara resmi di pasaran. Jenis padi ini sudah masuk sebagai salah satu jenis padi varietas unggul oleh Kementerian Pertanian. c-yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas