Mitsubishi Xpander di Filipina Kena Recall

  • Whatsapp

Jakarta/tabengan.com – Mitsubishi kembali mengumumkan penarikan kembali (recall) terhadap produk MPV andalannya, Mitsubishi Xpander. Kali ini, Mitsubishi Xpander buatan Indonesia direcall di Filipina.

Diberitakan Autoindustriya, dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC), merek tersebut telah mengumumkan recall Mitsubishi Xpander. Masalahnya ada pada pompa bahan bakar. Disebutkan, ada beberapa bagian yang perlu diganti.

Bacaan Lainnya

Adapun Xpander yang terdaftar terkena recall ini adalah mobil yang dijual pada Mei 2018 sampai 22 Oktober 2019. Pemilik mobil Xpander yang dibeli pada tanggal tersebut di Filipina diminta untuk segera menghubungi bengkel resmi untuk perbaikan.

Penggantian pompa bahan bakar itu tak butuh waktu lama. Waktu perbaikan sekitar 1,5 jam mobil. Tetapi ini tergantung pada kapasitas ruang servis dan ketersediaan pompa bahan bakar pengganti.

Masalah serupa sebelumnya juga terjadi pada Mitsubishi Xpander yang dijual di Vietnam. Diberitakan beberapa media lokal Vietnam, recall Xpander ini diumumkan pada 1 Oktober lalu. Menurut Mitsubishi Vietnam, total Mitsubishi Xpander di Vietnam yang terkena dampak recall ada 14.051 unit. Itu termasuk versi transmisi otomatis dan manual.

Mitsubishi Vietnam menjelaskan, pompa bahan bakar pada Xpander bisa gagal bekerja. Hal itu membuat mesin mati dan tidak bisa dinyalakan.

Penyebab spesifik belum diketahui secara keseluruhan. Namun, menurut investigasi dari Mitsubishi Motors (prinsipal Mitsubishi Jepang), impeller yang terbuat dari plastik di dalam pompa bensin dapat mengembang sehingga menyetop rotasi.

Menanggapi recall Xpander di Vietnam itu, pihak Mitsubishi Indonesia yang menjual dan memproduksi Xpander mengatakan Xpander yang dijual di Indonesia aman.

“Kami tahu bahwa distributor (Mitsubishi) Vietnam melakukan recall untuk Xpander. Tetapi di Indonesia, kami tidak memiliki masalah produk yang sama. Karenanya, untuk saat ini kami tidak memiliki rencana untuk melakukan recall di pasar Indonesia,” kata Nakamura, Kamis (3/10) lalu menanggapi recall Xpander di Vietnam.

Namun, Nakamura membuka diri jika ada konsumen Xpander yang memiliki masalah serupa, mereka bisa menghubungi diler Mitsubishi segera.

“Kami selalu mengutamakan keselamatan pelanggan sebagai prioritas utama, kami akan mendukung perbaikan mobil mereka,” ujarnya.

Menurutnya, Xpander yang dijual di Indonesia dan Vietnam itu memiliki spesifikasi yang sama. Bahkan, part fuel pump pada Xpander yang dijual di Indonesia dengan yang di Vietnam juga berasal dari pemasok yang sama.

“Ya supplier-nya sama. Mitsubishi Motors saat ini masih menyelidiki kasus ini di Vietnam. Jadi kita semua juga menunggu hasil investigasi dari Mitsubishi Motors,” ujarnya.

Pos terkait