Pengidap AIDS di Mura Meningkat

  • Whatsapp

PURUK CAHU/tabengan.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Murung Raya menggelar kegiatan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS serta penularannya dengan melakukan jemput bola melakukan tes HIV di beberapa tempat.

Hal ini dilakukan mengingat jumlah pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Murung Raya (Mura) terus mengalami peningkatan sejak tahun 2018 lalu. Hingga saat ini terdata ada 29 yang positif terkena virus HIV.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Mura Iskandar Kurniawan mengatakan dari data tersebut 9 di antaranya sudah meninggal dunia.

“Data yang kami miliki ini sejak tahun 2015 hingga 2019 ini, terus meningkat apalagi pada satu tahun terakhir ini ada 9 pengidap HIV di Mura yang meninggal dunia jadi yang tersisa ada 20 penderita HIV yang terdata pada Dinkes Mura,” ujarnya, Senin (2/12).

Disebutkan bahwa dari 20 pengidap HIV hanya ada 9 orang saja yang rutin melakukan berobat kepada Dinkes Mura. Sedangkan sisanya enggan untuk melakukan pengobatan secara rutin.

Oleh karena itu, Dinkes Mura sendiri terus tingkatkan sosialisasi terhadap masyarakat luas tentang penularan HIV/AIDS sehingga dengan pencegahan dapat menekan angka penularan secara luas.

“Kita telah tangani 9 penderita HIV secara rutin sedangkan dalam menekan penuralarannya terhadap masyarakat Dinkes Mura juga telah melakukan sosialisasi terus menerus agar virus HIV/AIDS penularannya dapat dicegah,” tutupnya.ist

Pos terkait