Natal dan Tahun Baru, Bandara Tjilik Riwut Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – PT Angkasa Pura II Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut Kota Palangka Raya telah menyiapkan kebutuhan jelang melonjaknya penumpang pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mendatang.

“Kalau dilihat histori menjelang akhir tahun pasti ada peningkatan, baik dari penumpang pesawat dan kargo,” ucap Siswanto, Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, saat ditemui Tabengan, Rabu (27/11).

Bacaan Lainnya

Siswanto mengungkapkan, jika terjadi lonjakan penumpang, maka maskapai akan melihat, sehingga dimungkinkan adanya penambahan jam penerbangan. Selain itu, pihak Bandara sendiri akan memfasilitasi hal tersebut.

“Maskapai akan lihat nantinya apakah perlu extra flight atau tidak. Bila adanya penambahan jam terbang, kami dari pihak pengelola Bandara sesuai dengan ketentuan yang ada akan berkoordinasi terkait hal ini,” terangnya.

Sesuai pengalaman tahun sebelumnya, jelas Siswanto, paling banyak penumpang terbang menuju Yogyakarta dan Surabaya. Sementara, untuk kargo masih didominasi barang masuk dibandingkan barang keluar.

“Dua kota tujuan tersebut paling banyak peminat ditambah lagi libur sekolah sekalian pulang kampung. Yang jelas, kami PT Angkasa Pura II siap melayani para penumpang dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, akan dibuka posko Natal dan Tahun Baru di minggu kedua Desember 2019, sekaligus mengadakan apel bersama dengan stakeholder terkait.

“Jadi apel tersebut guna memastikan fasilitas layanan penerbangan telah siap. Kemudian, di posko nanti akan ada yang menjaga untuk melayani para penumpang, bila mengalami permasalahan ataupun ada pertanyaan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, informasi pelayanan penerbangan akan ditampilkan secara up to date pada layar digital di area Bandara Tjilik Riwut. Selain itu, pihak Bandara akan menyediakan posko kesehatan bagi para penumpang.

“Persiapan akan kami lakukan semaksimal mungkin agar para penumpang merasa nyaman dan aman,” katanya.

Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru ini, sebagai pengelola Bandara pihaknya akan membuat passenger experience, dengan maksud para penumpang merasakan ada suasana yang berbeda pada Natal dan Tahun Baru di kawasan Bandara.

“Kami akan membuat hiasan-hiasan ucapan selamat Natal, serta yang berbeda akan ada sambutan bagi penumpang terakhir di tahun 2019 dan di awal tahun 2020. Konsepnya akan ada celebration untuk penumpang. Bentuknya macam-macam, seperti pemberian suvenir khusus ataupun sesuatu yang sifatnya membuat penumpang surprise,” pungkas Siswanto. sda

Pos terkait