Dewan Minta Fasilitas Publik Dibenahi

  • Whatsapp

BUNTOK/tabengan.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Barito Selatan meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk bisa membenahi berbagai fasilitas publik, baik yang ada di dalam Kota Buntok, maupun di sejumlah kecamatan di wilayah tersebut.

Hermanes anggota DPRD Barsel mengatakan, ada sejumlah fasilitas publik yang perlu dibenahi dan diperbaiki oleh pemerintah. Diantaranya sejumlah pelabuhan di Kota Buntok seperti Pelabuhan Pasar Lama, Pasar Beringin, dan Jelapat. Begitu juga pelabuhan yang berada di sejumlah kecamatan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya,pembenahan dan perbaikan dari sejumlah pelabuhan tersebut sangat penting, mengingat keberadaan pelabuhan tersebut merupakan pusat transit tranportasi warga yang datang dan pergi. Khususnya warga yang berdomisili di daerah pinggiran DASA Barito, dan demi kenyamanan warga yang menggunakanya.

Politikus PDIP Barsel ini menyebutkan, kondisi fasilitas umum di sejumlah kecamatan juga cukup memperihatinkan. Seperti Pelabuhan Pasar Lama dan Pasar Beringin, terlebih pelabuhan di Jelapat. Pasalnya, fisik bangunan sudah saatnya untuk direhab atau diperbaiki, karena kurang layak dilewati.

“Hampir semua bagian bangunan pelabuhan mengalami kerusakan cukup parah sehingga perlu segera dibenahi. , karena jika kondisi tersebut terus saja dibiarkan maka akan merembet ke bagian bangunan lainnya,” kata Hermanes, Senin (25/11).

Disebutkan, pembangunan di Pelabuhan Pasar Lama seperti bagian drainase atau siring untuk menahan tanah terjadi kerusakan longsor atau erosi diakibatkan tanah tergerus akibat derasnya arus air. Kalau dibiarkan kerusakan kian bertambah, apalagi menghadapi air DAS Barito dalam akibat musim penghujan dimasa mendatang.

Disisi lain, pelabuhan adalah fasilitas publik yang dibangun pemeritah untuk melayani kepentingan masyarakat umum. Selain itu dari sejumlah pelabuhan ini juga salah satu penyumbang untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) cukup banyak.

Hermanes berharap kepada Dinas Perhubungan agar membuat rencana dan anggaran guna biaya membangun atau memperbaiki kerusakan. Setidaknya diusul di APBD 2020 atau setidaknya dianggarkan pada APBD Perubahan 2020 mendatang.c-lis

Pos terkait