Minat Baca Rendah, Inovasi Diperlukan Agar Masyarakat Rajin ke Perpustakaan

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan pemerintah.

Namun pendidikan tidak semata berbicara sekolah dalam menambah ilmu, tapi ada sektor lain untuk menopang hal tersebut, yakni perpustakaan.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi C Palangka Raya Rusdiansyah mengatakan, pemerintah terus mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan. Salah satunya adalah penyediaan layanan perpustakaan bagi masyarakat.

Menurutnya, perpustakaan tidak saja bermanfaat bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan, melainkan juga bagi masyarakat umum.

Politisi PKB ini menambahkan, keberadaan perpustakaan menjadi sangat penting dalam mendukung peningkatan pendidikan di Palangka Raya. Bagaimanapun, kemajuan generasi sangat bergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Perpustakaan merupakan unit pendukung peningkatan pendidikan di Palangka Raya. Keberadaan perpustakaan dalam menyediakan bahan bacaan, semakin mempermudah masyarakat dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Terlebih di dalam Undang-undang sistem pendidikan nasional sudah dijelaskan jika sepantasnya setiap sekolah menyediakan sumber belajar seperti perpustakaan,” jelasnya, Selasa (26/11).

Dia sampaikan, perpustakaan sendiri sudah menjadi bagian penting yang berperan dalam menunjang proses belajar, mengajar dan penelitian. Namun yang menjadi kendala, ada beberapa yang perpustakaan belum maksimal penggunaannya.

Namun diakuinya pula, minat baca masyarakat masih dirasa kurang. Sehingga perlu inovasi dari pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Tak bisa dipungkiri, perpustakaan hanya dipandang sebagai gudang buku oleh sebagian orang,” tukasnya.ded

Pos terkait