Festival Tari untuk Melestarikan Seni Budaya Lokal

  • Whatsapp

PURUK CAHU/tabengan.com – Sebanyak 11 kelompok tari dari berbagai sanggar tari yang ada di Murung Raya mengikuti Festival Tari yang diadakan di GPU Tira Tangka Balang Kota Puruk Cahu, Kamis (21/11) malam.

Festival Kreativitas Seni Tari yang dibuka oleh Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, menampilkan beragam kreativitas kaum muda Murung Raya yang difasilitasi oleh perusahaan swasta di Murung Raya.

Bacaan Lainnya

Menurut Wabup, festival ini adalah sebagai sarana untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang hidup dan berkembang di masyarakat agar tidak punah oleh kamajuan teknologi.

Selain itu, peneyelenggaraan kegiatan merupakan salah satu media bagi para seniman untuk menampilkan kreatifitas dan nilai-nilai kearifan lokal.

“Kita bersyukur kaum muda Murung Raya masih mau berkreatifitas dalam seni tari khas daerah setempat, sehingga keberadaan seni budaya tetap lestari,” ungkap wabup.

Disebutkan, seni tari khas Murung Raya merupakan salah satu kekayaan sekaligus kebanggaan bagi masyarakat setempat yang telah banyak dipertunjukkan pada event-event besar, seperti di tingkat provinsi seperti Festival Isen Mulang, tingkat nasional yaitu Tabalong Etnik Festival. Bahkan sampai luar negeri yaitu pada ajang Philantropy Festival.

Hadir dalam pembukaan festival tersebut adalah ketua Tim Penggerak PKK Lynda Kristiane Perdie, Kajari Murung Raya Robert Sitinjak dan beberapa kepala SOPD serta Department Head External Relations Adaro Metcoal Companies Ignatius Iryanto. ***/hms

Pos terkait