Warga Pendreh Nikmati Air Bersih Pegunungan

  • Whatsapp

MUARA TEWEH/tabengan.com – Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara Eveready Noor mengatakan dalam beberapa hari terakhir ini pihaknya telah mengunjungi beberapa desa di daerah tersebut

Pada kunjungan dari Dinsos PMD kali ini, yang menjadi pusat perhatian adalah terkait air bersih. Pasalnya, air bersih di beberapa desa bersumber dari mata air pegunungan. Salah satunya Desa Pendreh Kecamatan Teweh Tengah.

“Alhammdulillah sumber air yang ada di Desa Pendreh mengalir dengan baik sampai ke rumah-rumah warga,” kata Eveready Noor, Selasa (19/11).

Dia juga meminta kepada kepala desa untuk membuat tempat agar sumber mata air terlindung dari binatang-binatang ataupun dari kotoran. Karena sumber mata air yang berada di kawasan hutan lindung Pararawen Desa Pendreh dimanfaatkan warga masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Untuk itu kami dari Dinas Sosial PMD mengharapkan kepada pihak desa agar bisa mengelola sumber mata air ini dengan bijak, artinya jangan menggunakan air yang berlebihan, dijaga sumber airnya, di jaga hutan-hutan yang ada sumber mata air, karena hutan merupakan tempat menyimpan air,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Pendreh, Sugian mengatakan program air bersih ini tentunya sangat membantu warga. Program ini sangat begitu penting bagi Desa Pendreh. Sebelum adanya program air bersih ini warga sangat kesulitan dengan air bersih.

Disebutkan, Desa Pendreh dihuni sekitar 600 lebih KK, dan yang sudah menikmati air bersih sekitar 500 KK. Sedangkan sekitar 100 KK masih belum menikmati air bersih. “Pada tahun ini dengan dana desa (DD) tahap tiga, kami akan menuntaskan program air bersih ini agar seluruh warga di desa kami bisa menikmati air bersih dari mata air ini,” kata Sugian saat mendampingi Plt Kadisos PMD.

Lebih lanjut kata Kades, dengan adanya program air bersih dari pemerintah ini, tentunya sangat bermanfaat bagi warga desa. “Kami selaku pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah membantu kami dalam merealisasikan program air bersih ini,” pungkasnya.c-ryu

Pos terkait