Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran Harus Optimal

  • Whatsapp
Hera Nugrahayu
Hera Nugrahayu

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengingatkan, memasuki penghujung tahun 2019, Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya diminta menggenjot serapan APBD.

“Serapan APBD pada setiap program yang dijalankan masing-masing SOPD seharusnya sudah berkisar di angka 88 persen,” katanya, Rabu (20/11).

Bacaan Lainnya

Meskipun tidak bisa merincikan secara lengkap mengenai target serapan anggaran belanja langsung dan belanja tidak langsung yang dicapai, menurutnya, anggaran yang berhubungan langsung dengan program pemerintah, seperti pekerjaan fisik, pembangunan infrastruktur, pengadaan barang, jasa dan modal, harus mencapai target signifikan.

“Saat ini kita sudah memasuki triwulan IV, dimana semua SOPD kita harapkan mampu melakukan serapan anggaran secara optimal. Sehingga capaian pembangunan bisa terealisasi tepat waktu,” harap Hera.

Kedepan, Hera meminta, pembangunan fisik dilakukan lebih awal. Ia mencontohkan untuk tahun 2020 mendatang, lelang pekerjaan dapat dilakukan awal tahun, tepatnya pada Januari 2020. Demikian juga dengan laporan administrasi, bisa berjalan sesuai dengan kualitas serta selesai tepat waktu.

Diketahui, saat ini Wali Kota bersama timnya terus melakukan pemantauan dan pengawasan program pembangunan. Ini adalah upaya unuk mempercepat penyerapan APBD menjelang akhir tahun.

“SOPD selaku pengguna anggaran juga harus berupaya melakukan perbaikan kinerja. Apabila masih kurang maksimal dalam penyerapan anggaran, harus berupaya mengejar serapan dengan optimal, namun tetap memperhatikan kualitas,” pungkasnya. rgb

Pos terkait