Pendaftaran CASN Dibuka, Permintaan AK 1 Meningkat

  • Whatsapp

KUALA PEMBUANG/tabengan.com – Sejak dibukanya pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN/CPNS) tahun 2019, permintaan pembuatan Kartu Kuning atau AK 1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Seruyan meningkat.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Seruyan, Sandi Setiawan D Erang di Kuala Pembuang, pembuatan AK.I atau kartu kuning di Seruyan mengalami peningkatan.

Disebutkan, seiring dengan dibukanya portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), sudah mulai banyak masyarakat yang membuat kartu kuning. ” Sampai saat ini berjumlah kurang lebih 200 orang yang membuat kartu AK 1 ini,” ujarnya.

Menurut Sandi, tahun lalu AK.I tidak dimasukan dalam syarat untuk penerimaan CASN/CPNS di Seruyan dan baru tahun ini dimasukan sebagai persyaratan. “Masalahnya AK.I ini untuk pencari kerja, jadi dengan adanya itu kita bisa melihat jumlah pencari kerja di Seruyan,” katanya.

Selain itu untuk persyaratannya, bagi yang ber KTP Seruyan bisa langsung datang ke Disnaker atau masuk situs web Ayokitakerja.kemnaker.go.id secara mandiri. “Tapi pencetakannya tetap dilaksanakan di Disnakertrans Seruyan,” ucapnya.

Menurutnya, AK.I yang asli akan dilampirkan pada persyaratan Pendaftaran CASN/CPNS dan setelah selesai pengumuman penenerimaan nanti akan disuratkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Untuk itu dirinya mengharapkan kepada masyarakat Seruyan yang usia produktif, untuk bisa memanfaatkan pembuatan kartu AK 1. “Karena, sekarang salah satu syarat bekerja harus ada AK.I, setiap perusahaan maupun instansi pasti minta kartu AK 1. Jadi tidak ada salahnya untuk membuatnya,” tandasnya. c-din

Pos terkait