DLH Sukamara Lauching Batako Plastik

  • Whatsapp
iklan atas

SUKAMARA/tabengan.com – Banyaknya sampah plastik yang ada membuat pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara berpikir untuk memanfaatkan limbah platik menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai salah satunya dengan mengolahnya menjadi batako.

Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi AH mengatakan, pembuatan batako dari limbah plastik merupakan inovasi baru, dimana batako sangat berguna dan memiliki nilai, dan batako plastik berasal dari sampah yang berada disungai dikawasan kampung iklim.

“Hari ini kita launching batako dimana bahan dasar dari pembuatan batako plastik ini adalah pasir dan sampah plastik. Sampah ini berasal dari timbunan sampah plastik disekitar sungai pada kawasan program kampung iklim,” kata Ahmadi.

Menurutnya, pembuatan batako plastik, sampah plastik dibuat sebagai bahan pengganti seman, sehingga batako ini tidak membutuhkan semen sama sekali dalam proses pembuatannya, walaupun demikian produk batako plastik ini tidak kalah dengan batako yang dioleh dari semen, dan sudah dibuktikan batako ini kuat dan tidak rapuh.

Selain itu, dengan melihat kekuatan batako plastik ini dan lonching penggunaan batako plastik ini sudah diuji coba dalam mendirikan TPS dimana bahan batako yang digunakan semuanya menggunakan batako plastik

Dikatakannya, pengurangan timbunan sampah melalui inovasi pembuatan batako plastik dapat meningkatkan program kampung iklim, selain itu kampung iklim lebuh berperan lagi dalam mirigasi atau mengurangi resiko bencana salah pengurangan tumpukan sampah di DAS Jelai, merupakan salah satu upaya pencegahan perubahan iklim di daerah ini.

“Kita tahu sampah plastik memiliki sifat terdegradasi, diperkirakan membutuhkan waktu 100 – 500 tahun untuk bisa terurai menjadi tanah. Sampah plastik dengan mudah mencemari lingkungan,” ucap Ahmadi.

Pembuatan Batako plastik merupakan karya inovasi ramah lingkungan yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan ini dapat mendorong masyarakat untuk mengefektifkan penggunaan plastik. dan mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi dalam mengatasi permasalahan sampah di Sukamara.c-goes

iklan atas

Pos terkait

iklan atas