Puskesmas Parenggean I Juara Faskes Nasional

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Dunia kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Jika sebelumnya Puskesmas Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit berhasil meraih akreditasi paripurna, kali ini giliran Puskesmas Parenggean I, Kecamatan Parenggean yang meraih penilaian Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2019 Kategori Puskesmas Kawasan Perdesaan.

Puskesmas Parenggean I berhasil unggul dari Puskesmas Jetis dari Bantul Yogyakarta yang meraih juara 2 dan Puskesmas Dungoliyo dari Gorontalo yang meraih juara 3.

Bacaan Lainnya

Penghargaan juara 1 diserahkan langsung Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional di Jakarta, Selasa (12/11).

Kepala Puskesmas Parenggean I dr. Mustafa P melalui dr. Atma Antariksa sangat bersyukur dengan raihan tersebut. Sebab, usaha dan perjuangan yang dilakukan sejak 2018 lalu membuahkan hasil manis. Apalagi Puskesmas Parenggean I berhasil unggul dari ratusan Puskesmas lain se-Indonesia. Menariknya lagi, Puskesmas Parenggean I berhasil mengalahkan pesaingnya yang merupakan Puskesmas dengan akreditasi paripurna.

“Kami sangat bersyukur mendapatkan prestasi ini, apa yang sudah kami perjuangkan membuahkan hasil bahkan menjadi yang utama tingkat nasional,” ujarnya kepada Tabengan, Selasa.

Diungkapkan Atma, penilaian yang dilakukan oleh tim dari pusat sudah dilakukan sekitar Juni lalu. Penilaian dilakukan dari berbagai aspek, mulai sistem administrasi, kegiatan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan.

Namun, banyaknya terobosan dan inovasi dari Puskesmas Parenggean I menjadi andil besar mereka dapat berprestasi di tingkat nasional. Salah satu program unggulan yang mereka miliki dinamakan Geram Runting. Geram Runting singkatan dari Gerakan Bersama Berantas Stunting yang dilaksanakan oleh kader di tiap desa.

“Kita banyak memiliki program inovasi. Salah satunya kita punya inovasi dalam mencegah penyakit stunting. Salah satunya Geram Runting itu. Tujuannya agar angka stunting yang cukup tinggi di Kotim bisa kita tekan dan program ini bekerja dengan baik ,” tuturnya.

Wakil Bupati Kotim HM. Taufiq Mukri mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Puskesmas Parenggean I. Ia mengharapkan dengan tercapainya prestasi itu Puskesmas dapat terus berkomitmen meningkatkan kinerja dan fasilitas Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima untuk masyarakat.

“Semoga prestasi ini bisa sebagai contoh dan motivasi bagi Puskesmas lain untuk selalu berkomitmen dalam meningkatkan mutu keselamatan dan kepuasan pasien,” ujarnya. c-may

Pos terkait