Pemprov Kalteng Cari 111 CPNS Guru Bahasa Indonesia

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Kalteng mendapatkan kuota sebanyak 381 formasi. Dari jumlah tersebut, terbanyak untuk tenaga pendidikan 268 formasi, kemudian tenaga kesehatan 71 formasi, dan tenaga teknis 42 formasi.

Dari 268 formasi tenaga pendidikan, yang dicari terbanyak formasi Guru Bahasa Indonesia 111 orang, kemudian Guru Matematika 76, Guru Fisika 21, Guru Geografi 13, Guru Kimia 11, Guru Ekonomi 7, Guru Penjasorkes 7, Guru Sejarah 7, Guru Sosiologi 7, Guru Biologi 6, dan Guru PPKN 1 orang.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalteng Suhufi Ibrahim mengatakan, penerimaan CPNS tahun 2019 akan dilaksanakan secara online mulai Selasa (12/11) pukul 00.00 WIB.

Setiap provinsi telah menyiapkan segala informasi yang berkaitan dengan persyaratan dan jumlah kuota formasi yang dibutuhkan BKN Pusat. Data akan diinput ke server pusat, sehingga semua informasi dari kabupaten, provinsi dan pusat saling terhubung.

“Kami juga baru selesai memasukkan formasi ke server itu. Jadi kami sudah siap, insya Allah nanti malam (Selasa) pukul 00.00 sudah mulai bisa dibuka. Langsung resmi dan nasional. Semua provinsi sudah siap sebenarnya. Kabupaten juga sudah menyiapkan. Memasukkan formasi masing-masing kemudian dikirimkan ke pusat, divalidasi lagi apakah antara formasi yang dimasukkan dan formasi yang sudah disampaikan dari BKN Menpan-RB sudah sama apa belum. Kalau sudah sama, langsung ok,” katanya.

Suhufin mengakui, dari jumlah formasi tersedia, masih ada yang rancu mengenai persyaratan di dalam formasi lingkungan kesehatan. Formasi lingkungan kesehatan, persyaratan kualifikasinya ada dua, D3 dan D4.

“Sebenarnya tidak bisa, harus memilih salah satu. Itu sudah kita koordinasikan sesuai dengan Menpan-RB masih divalidasi. Harus memilih salah satu, kemudian pangkatnya itu harus jelas. Menpan-RB nanti yang memutuskan,” katanya kepada Tabengan di ruang kerjanya, kemarin.

Suhufin berharap agar semua CPNS mempersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga orang-orang yang lolos dalam perekrutan adalah yang terbaik dan berkomitmen mengabdikan dirinya bagi negara dan kemajuan Kalteng.

“Jadi saya harapkan calon-calon bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mendaftar, belajar buka buku-bukunya lagi, peraturan-peraturan ketentuan yang akan menjadi bahan-bahan untuk diseleksi. Kami mengharapkan yang terbaik, kalau lulus bisa memberikan pengabdiannya kepada negara khususnya Kalteng melalui pekerjaan sebagai abdi negara.” katanya.

Pendaftaran CPNS bisa dibuka di laman resmi BKN sscasn.bkn.go.id. BKD sudah siap melaksanakan tes CPNS 2019 karena saat ini sudah memiliki ruangan Computer Assisted Test (CAT) dengan komputer sebanyak 100 unit. Pihaknya juga menyiapkan komputer cadangan untuk mengantisipasi apabila ada komputer yang eror. Personelnya juga sudah siap, dan panitia juga sudah dibentuk jauh-jauh hari.

“Untuk kelancaran pelaksanaan tes CPNS, ke depan juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Terlebih pada saat pelaksanaan tes, harus tersedia cadangan genset. Pada intinya kita sudah siap, jadi persyaratan yang diminta oleh BKN itu kita siapkan,” pungkasnya. dkw/dsn

Pos terkait