Sejarah, 6 Atlet Bulu Tangkis Lolos PON XX

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pelaksanaan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX cabang olahraga (cabor) bulu tangkis wilayah enam zona Kalimantan telah usai. Event yang digelar di Gedung Bulu Tangkis Universitas Palangka Raya, Rabu (6/11) hingga Jumat (8/11), berjalan sukses baik penyelenggaraan maupun prestasi.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) Barlen menyampaikan, atlet bulu tangkis asal Bumi Tambun Bungai sudah berjuang dengan maksimal, hingga bisa meloloskan nomor tunggal putra dan putri. Meskipun target awal meleset karena tidak meloloskan beregu, namun raihan ini cukup memuaskan Pengprov PBSI Kalteng.

Bacaan Lainnya

“Jadi untuk Pra PON kali ini sejarah juga bagi Kalteng, ketiga kalinya lolos ke PON tahun 2005, 2007 dan tahun 2019 ini. Alhamdulillah bisa meloloskan tim putra dan putri, jadi saya kira target tetap tercapai di Pra PON ini,” kata Barlen, usai pertandingan final, Jumat.

Menurut Barlen, tidak lolosnya beregu putra disebabkan oleh salah satu atlet yang menjadi andalan dalam Pra PON ini atas nama Joshua sakit, bahkan opname di rumah sakit. Pada saat babak final, ia memaksa diri untuk tetap bermain di nomor ganda putra dan hasilnya tidak maksimal dan kalah dari Kalimantan Timur (Kaltim).

Akhirnya target pun meleset, sehingga Kalteng hanya meraih juara kedua dan hanya meloloskan satu tunggal putra dan satu ganda putra, kemudian satu tunggal putri dan satu ganda putri. Jadi jumlah semua ada 6 atlet yang lolos ke PON XX di Papua Oktober 2020 nanti.

“Kekalahan Kalteng dengan Kaltim di final ini karena andalan kami khususnya si Joshua sakit, sempat opname satu hari, dipaksakan keluar untuk main ganda saja dan tidak berani mainkan di tunggal. Harusnya rangkap dia, tapi kondisinya tidak memungkinkan sehingga tidak berani kami pasang, hasilnya kalah 3-2,” imbuh Barlen.

Sementara itu, Pengprov PBSI Kalteng juga sangat bangga karena di luar dugaan atlet putri juga berhasil lolos. Padahal sejak awal tidak diunggulkan. Meskipun tidak diunggulkan namun pebulu tangkis putri bisa menunjukan kualitasnya. Selama persiapan juga tidak seperti atlet putra, mereka hanya menjalani latihan di Kalteng dibandingkan atlet putra yang dititipkan di klub bulu tangkis di Jawa. yml

Pos terkait