Hari Pahlawan, Kesejahteraan Veteran jadi Perhatian Pemerintah

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, peringatan Hari Pahlawan ini sebagai salah satu bentuk penghormatan dan mengenang besarnya jasa-jasa para Pahlawan bagi bangsa dan negara ini khususnya para pahlawan dan pejuang-pejuang Kalteng.

“Peringatan Hari Pahlawan ini, ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk bersama-sama bekerja keras untuk membangun Indonesia, membangun Provinsi Kalteng ini,” kata Sugianto, di Palangka Raya, Minggu (10/11).

Diungkapkannya, para pejuang ini telah berjuang membebaskan Indonesia dari penjajahan. Selanjutnya mendirikan Provinsi Kalteng, berjuang untuk Kalteng. Sehingga para Pahlawan, para Penjuang, termasuk janda pejuang ini harus menjadi perhatian pemerintah. “Para pejuang ini sebelumnya sudah berkorban baik waktu, tenaga, bahkan nyawa untuk membebaskan Indonesia dari penjajah. Selanjutnya mendirikan Provinsi Kalteng, sehingga para pejuang ini harus kita urus,” ujarnya.

Karena, ada dari mereka yang masih belum memiliki tanah dan rumah pribadi yang layak. Anak dan cucunya ada yang tidak ada pekerjaan. Seharusnya ini diurus, karena pemerintah itu puya kebijakan, tegasnya.

Untuk itu, khususnya di Kalteng, dia meminta agar jajaran Pemerintah Provinsi dan Bupati/Walikota wajib mengurus para Pahlawan, para Pejuang di daerah ini. Bagi mereka yang belum memiliki rumah, bangaimana mereka agar memiliki rumah.

Anak cucunya yang tidak sekolah, agar bisa bersekolah. Ketika mereka sakit dan ingin berobat ke rumah sakit, agar dilayani dengan baik dan ini sudah diurus oleh pemerintah.

Namun dia menilai bahwa masih ada Veteran Pejuang atau janda Pejuang tersebut yang belum punya rumah pibadi, sehingga dia meminta agar pemerintah baik provinsi dan kabupaten/kota dapat memperhatikan nasip para Veteran Pejuang atau janda pejuang ini.

Bahkan dia sendiri berencana akan membantu rumah tipe 36 untuk dua orang veteran pejuang di daerah ini. Kalau dalam minggu ini rumah tersebut sudah ada yang siap, maka yang bersangkutan juga akan dipindahkan ke rumah yang baru tersebut, ujarnya. dkw

Pos terkait