TP4D Periksa Ruas Mangkarap-Gumpa

  • Whatsapp

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Tim TP4D Kejaksaan Negeri Barito Timur melakukan pemeriksaan atas pekerjaan peningkatan Jalan Mangkarap – Gumpa.

“Agenda hari ini adalah final opname sekaligus serah terima pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO) dari Penyedia kepada PPK,” kata Kajari Bartim, Roy Rovalino Herudiansyah melalui Arief Zein, Kasi Intel Kejari yang juga Ketua TP4D, Kamis (7/11).

Dijelaskan Arief, final opname pada dasarnya menguji kembali kuantitas pekerjaan aktual terpasang yang sebelumnya telah diuji, diperiksa, dan disetujui unsur pengawas pelaksanaan pekerjaan.

“Kita lakukan pengujian kembali secara random di beberapa stasiun untuk membedakan yang telah dilakukan pada saat opname. Diantaranya, test fit untuk melihat ketebalan LPB dan LPA serta coredrill untuk ketebalan aspal,” sebutnya.

Sementara, Agus Sugian Noor selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Bidang Bina Marga DPUPR mengatakan, untuk serah terima (pertama) atau PHO dilaksanakan secara langsung, saat final opname.

Karena substansi dari serah terima adalah pemeriksaan lapangan oleh pengguna jasa sebelum pekerjaan dinyatakan memenuhi syarat, untuk dapat diterima PPK dari penyedia.

“Dalam serah terima lanjutan, kemudian dokumen kelengkapan teknis (administrasi) diuji kembali oleh PPHP berdasarkan permintaan Pengguna Anggaran. Setelah pekerjaan diterima oleh PPK dari penyedia,” jelasnya.

Meskipun telah dilakukan serah terima tanggung jawab, penyedia harus tetap dipenuhi sampai berakhir masa kontrak atau selesai masa pemeliharaan. Pada masa pemeliharaan, tanggung jawab penyedia untuk memperbaiki atau merehabilitasi pekerjaan apabila terjadi kerusakan pekerjaan. Kerusakan yang dimaksud harus berdasarkan identifikasi oleh konsultan pengawas.

“Jadi pada masa pemeliharaan, tanggungjawab juga bukan hanya oleh penyedia, tetapi konsultan pengawaspun harus kontributif dalam pelaksanaannya. Seperti mengidentifikasi kerusakan, menetapkan bentuk penanganan, mengestimasi kebutuhan volume penanganan dan memperhitungkan besaran biaya pelaksanaan,” pungkasnya.c-yus

Pos terkait