Bahan Pokok Cukup untuk 5 Bulan

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Ketersedian kebutuhan pokok di Badan Urusan Logistik (Bulog) regional Kalimantan Tengah (Kalteng), diyakini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga lima bulan ke depan. “Untuk ketersediaan bahan pokok seperti beras masih aman sampai 4-5 bulan kedepan sehingga masyarakat tak perlu khawatir,” ucap Kepala Bulog Divre Kalteng, Mika Ramba, Kamis (7/11).

Menurutnya, stok beras di Kalteng saat ini sebanyak 7.600 ton. Stok melalui Banjarmasin kemudian langsung dikirim Palangka Raya. Selanjutnya menuju sub-sub divre Sampit, Kapuas, Muara Teweh, Pangkalanbun serta Buntok. “Jadi semua sudah sesuai sistem yang ada untuk pengiriman,” tambahnya.

Stok komoditas lainnya, gula pasir tersedia 150 ton, daging kerbau beku 30 ton, minyak goreng 70 ton, tepung terigu 16 ton. “Untuk daging beku ada order lagi sekitar 24 ton tambahan untuk menyangga menjelang hari raya dan akhir tahun. Namun, kita hanya menyediakan stok beras saja, sementara itu komoditas lainnya hanya untuk penyeimbang,” jelasnya.

Ramba mengatakan, untuk beras tidak perlu khawatir karena Bulog selalu mengambil hasil dari petani. “Kita ada program agar memudahkan petani untuk menjual hasil produksinya, kalau rate Bulog ada di angka Rp8.030 per kilogram. Namun, bila diatas itu kami tidak berani karena sudah ditetapkan pemerintah segitu,” bebernya.

Dia mengakui, setiap harinya melakukan operasi pasar untuk melihat kondisi harga bahan kebutuhan pokok terkini. “Jadi kami ada petugas untuk setiap harinya agar dapat melihat, tugas dari Bulog salah satunya adalah stabilisasi,” ujarnya.

Penjualan daging beku akan meningkat karena menurut pengalaman-pengalaman sebelumnya menjelang hari raya paling banyak permintaan dari masyarakat. “Dalam sehari bisa sekita 200-300 Kg sehari terjual, selain itu untuk memudahkan masyarakat untuk belanjadengan harga terjangkau kami mempunyai RPK (Rumah Pangan Kita),” katanya. sda

iklan atas

Pos terkait

iklan atas