Peredaran obat dan Makanan, DPRD Minta Pemerintah Intensifkan Pengawasan

  • Whatsapp
sigit widodo
Sigit Widodo

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sigit Widodo meminta kepada pihak terkait khususnya Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) maupun Dinas Kesehatan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya untuk memaksimalkan pengawasan terhadap peredaran obat dan makanan di Kota Cantik.

“Kita terus mendorong agar pengawasan terhadap peredaran obat dan makanan baik di pasar tradisional maupun swalayan bisa dilakukan lebih dini dan intens guna meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan,” kata Sigit kepada Tabengan, beberapa waktu yang lalu.

Bacaan Lainnya

Ditambahakan, pengawasan peredaran bahan makanan dan obat-obatan yang berindikasi berbahan kimia bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat.

Kenakalan para produsen, pedagang maupun oknum-oknum tertentu demi mendapatkan keuntungan inilah yang kerap menjadi dasar penyalahgunaan bahan kimia ke dalam produk-produk yang sering dikonsumsi manusia.

“Beberapa waktu lalu juga sempat ramai di pemberitaan di mana obat jenis Ranitidin memiliki kandungan yang ternyata tidak baik bagi kesehatan manusia. Untuk itu, pengawasan tak hanya difokuskan pada bahan makanan dan obat yang telah melewati batas kedarluasa, namun juga deteksi awal kandungan bahan kimia berbahaya dalam makanan dan obatan perlu dilakukan,” ungkapnya.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga mendorong pihak terkait untuk terus memaksimalkan pengawasan terhadap barang yang dikonsumsi oleh masyarakat demi memberikan rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Upaya preventif haruslah sedini mungkin dilaksanakan. Masyarakat tidak hanya membutuhkan perlindungan dalam hal stabilitas keamanan saja, tetapi juga kualitas dan kelayakan makanan yang merupakan kebutuhan pokok utama,” kata Sigit. rgb

Pos terkait