Hotel Nunggak Pajak Akan Ditertibkan

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengatakan, jika ada pelaku usaha, termasuk sektor perhotelan di daerah ini menunggak pajak, maka ini menjadi tugas para Bupati/Walikota termasuk Gubernur untuk merapikannya.

“Terkait ada hotel yang menuggak pajak, itulah tugas para Bupati/Walikota se Kalteng, termasuk Gubernur. Pasti kita rapikan,” ujar Sugianto, saat ditemui di Aula Eka Hapakat, Lantai III, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (4/11).

Sebelumnya Gubernur Kalteng mengatakan, membayar pajak ini adalah kewajiban sebagai warga negara yang baik dalam membayar pajak. Karena, dana dari pajak, ujar Sugianto, akan menjadi sumber pendanaan untuk melaksanakan pembangunan, baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya, termasuk menggaji Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat baik tingkat pusat maupun daerah.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, untuk pajak hotel merupakan kewenangan dari kabupaten/kota untuk memungutnya.

Terkait dengan adanya hotel yang diduga menunggak pajak dan dilakukan penyegelan oleh Pemerintah Kabupaten setempat, tentu hal tersebut telah melalu tahapan, karena prosesnya sudah dinilai cukup lama dan itu mungkin berproses dari surat tagihan, peringatan I, II, dan III, selanjutnya baru dilakukan penyegelan.

Diungkapkannya, pajak hotel tersebut dipungut dari konsumen atau orang yang nginap di hotel tersebut dan pihak hotel sebagai pemungutnya, sehingga tidak ada hak mereka untuk menahannya. Sehingga kalau mereka tidak menyetornya, maka bisa dikenakan tindakan hukum. Pemerintah Provinsi siap mendukung terkait hal tersebut. “Kami dari provinsi siap mendukung itu,” ujar Fahrizal. dkw

Pos terkait