Bawang dari Banjar Lebih Murah

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pasokan bawang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), relatif lebih murah. Bawang ukuran kecil dihargai Rp20 ribu per kilogram (kg). Sedangkan yang besar dengan harga Rp23 ribu/kg. Untuk bawang putih dijual dengan harga Rp30 ribu/kg. “Bawang merah dijual perkilonya 20ribu, kalau yang kecil. Kalau yang besar 23ribu. Kalau Bawang Putih 30ribu. Kita ambil dikit saja untungnya,” kata Dewi, penjual Bawang di Jalan Antang, Palangka Raya, Senin (4/11).

Dewi mengakui barang dagangannya didatangkan dari Pasar Lima, Banjar dengan menggunakan mobil pickup pribadinya. “Jadi ambil sendiri ke Banjar, terus gitu bolak-balik aja,” katanya kepada Tabengan.

Sedangkan harga Bawang Merah dari Jawa mengalami kenaikan. Pedagang Bawang Merah di Pasar Besar, Yanto mengatakan, bawang merah yang tadinya Rp19 ribu/kg, kini jadi Rp 25 ribu/kg. Begitu juga dengan bawang putih. Tetapi bawang bomba turun dari harga Rp26 ribu menjadi Rp22 ribu.

“Bawang Merah yang tadinya perkilo adalah Rp19ribu, kini menjadi Rp 25ribu. Begitu juga dengan Bawang Putih, dari Rp 23ribu naik menjadi Rp23ribu. Tetapi Bawang Bomba turun dari harga Rp 26ribu menjadi Rp 22ribu,” kata Yanto kepada Tabengan.

Marzuki pedagang Bawang lainnya di Pasar Besar, mengatakan bahwa kemungkinan dalam beberapa hari kedepan harga bawang akan mengalami kenaikan lagi. Apalagi menjelang akhir tahun. “Mau naik lagi ini pak sepertinya, ini kan mau akhir tahun. Kalau bawang Banjar sebenarnya asalnya dari Bima,” katanya. dsn

Pos terkait