Beraksi di 5 TKP, Begal Jalanan Dibekuk

  • Whatsapp
iklan atas

KASONGAN/tabengan.com – Aksi begal jalanan yang sering meresahkan warga di wilayah Kabupaten Katingan, akhirnya berhasil diungkap. Pelaku dibekuk oleh Satreskrim Polres Katingan, Senis (28/10) sekitar pukul 23.30 WIB.

Pelaku Eko (31) warga Jalan Garuda RT 015 RW 005 Desa Karang Sari Kecamatan Parenggean, Kotim. Dari hasil pemeriksaan diketahui pelaku sudah beraksi di 5 TKP selama 2019.

Dalam rilis kepolisian disebutkan bahwa korban terakhir adalah Saidah (36) warga Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir. Ibu rumah tangga ini menjadi korban perampokan di Jalan Baon Bango Km 3 DEsa Hampalit pada Jumat (18/10) sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat itu korban sedang melintas di Jalan Baon Bango Km 3 dengan mengendarai sepeda motor berboncengan dengan anaknya. Tiba-tiba dari belakang tas yang dipegang oleh korban ditarik oleh pelaku sehingga jatuh dari sepeda motornya. Saat terjatuh tas korban direbut. Pelaku juga mengancam akan menembak korban. Usai beraksi, pelaku kabur tas berisi uang tunai Rp15,6 juta dan perhiasan emas seberat 55,5 gram.

Kejadian itu dilaporkan korban kepada pihak kepolisian.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa pelaku diduga telah beraksi sebanyak 5 kali dengan berbagai modus operandi. Selaini di Jalan Baon Bango Km 3, pelaku juga pernah beraksi di Jalan Tjilik Riwut Km 25 Desa Hampalit. Modusnya pura-pura menjual bensin yang diganti dengan air. Saat korban lengah, pelaku merampas tas berisi uang tunai Rp6 juta dan 1 buah HP Nokia.

Pelaku juga pernah beraksi di Jalan Tjilik Riwut Km 12 Desa Hampalit dengan modus mengaku sebagai anggota tentara dan menghentikan kendaraan serta memaksa meminta uang sebasar Rp 700.000.

Kemudian di Komplek Pasar Kasongan, korbannya seorang wanita. Pelaku mengikuti korban yang sedang mengendarai sepeda motor, lalu mengambil dompet yang ada di box kendaraan. Dalam aski tersebut pelaku membawa kabur uang Rp1,5 juta.

Aksi begal selanjutnya di Jembatan Sungai Sala, Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Kasongan Lama. Korban seorang wanita dipepet kendaraanya, lalu pelaku mengambil dompet yang tergantung di sepeda motor. Dalam dompet terdapat uang Rp2,3 juta dan 1 buah HP.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa 2 unit sepeda motor Honda Revo, Vixion, uang tunai Rp500 ribu, 1 buah HP dan sejumlah perhiasan emas.gie

iklan atas

Pos terkait

iklan atas