Puluhan Balita Ikuti Lomba Balita Sehat

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar kegiatan Lomba Balita Sehat se Kotim, Kamis(31/10).

Kegiatan yang dipusatkan di Citimall itu diikuti puluhan balita yang berasal dari Puskesmas yang ada di Kotim. Setiap Puskesmas diwakili 2 kategori umur yaitu umur 6-24 bulan dan 2-5 tahun yang merupakan juara pertama balita sehat dari masing-masing Puskesmas.

Kepala Dinkes Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto menuturkan. sampai saat ini ada beberapa masalah gizi utama yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat diantaranya KEP, anemia gizi besi, kurang vitamin A dan gangguan akibat kekurangan yodium.

Berbagai upaya pemerintah untuk mengatasi masalah gizi tersebut telah dan sedang dilaksanakan salah satunya yakni dengan menggelar lomba balita sehat tersebut.

Dengan adanya kegiatan itu,menurutnya dapat dievaluasi hasil dari pola asah,asih,asuh ibu kepada buah hatinya dan dapat memberikan atau menambah informasi, pendidikan serta wawasan ibu dalam membesarkan dan merawat anaknya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kotim Khairiyah Halikinnor mengingatkan peran para orang tua dalam hal mendidik dan membina anak sedari dini sangatlah penting.Hal itu dilakukan untuk dapat mewujudkan anak-anak yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan berguna bagi nusa dan bangsa.

“Saya memotivasi kepada semua orang tua untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak balitanya,juga para kader PKK,kader posyandu untuk turut serta memaksimalkan hal itu,” harapnya.

Sementara itu dalam kesempatan itu seluruh peserta balita mendapat penilaian tim juri yang berasal dari bidang kesehatan umum, kesehatan gigi, psikolog dan juga tim dari PKK.

Penilaian dalam Lomba Balita Sehat meliputi berbagai askek seperti kesehatan anak, kesehatan gigi dan mulut anak, perkembangan anak, status imunisasi, status gizi, Intelegent quotient (IQ) balita, kesehatan ibu dan anak serta peran ibu ditengah masyarakat dan keluarganya.c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas