Dewan Imbau Generasi Muda Patuhi Aturan

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf menyesalkan masih adanya aksi kebut-kebutan di jalan atau yang biasa disebut balapan liar yang masih dilakukan anak muda di Kota Palangka Raya.

Menurutnya, aksi tersebut mengundang potensi bahaya serta kecelakaan di jalan raya baik kepada mereka yang kebut-kebutan maupun masyarakat pengguna jalan umum lainnya.

Bacaan Lainnya

“Aksi berbahaya tersebut tak sedikit yang sampai menyebabkan kecelakaan merenggut nyawa. Kita sayangkan jika ada mereka generasi muda yang tentunya masa depan mereka masih panjang. Ada yang sampai terluka dan cacat permanen pada bagian tubuhnya ataupun meninggal dunia akibat kecelakaan saat balapan liar. Hal ini seharusnya jangan sampai terjadi lagi,” katanya saat dibincangi Tabengan, Selasa (29/10).

Untuk itu, legislator Partai Golkar ini mengimbau kepada generasi muda untuk selalu mematuhi aturan dalam berlalu lintas di jalanan.

Pemerintah sendiri juga telah menyediakan sirkuit untuk mereka menyalurkan bakatnya dalam olahraga balap motor secara resmi. Di mana event yang kerap digelar seharusnya mampu menjadi ajang pembuktian bukan balapan di jalanan umum.

“Manfaatkanlah fasilitas yang disediakan secara resmi seperti Sirkuit Sabaru baik untuk berlatih maupun mengikuti kejuaraan balap. Dan pesan saya juga, selalu gunakan alat pelindung diri untuk menghindari bahaya saat sedang berlatih,” kata Wahid.

Wahid juga mendorong kepada pihak kepolisian untuk terus melakukan sosialisasi dan penindakan rutin kepada mereka yang kerap menggunakan jalan umum sebagai wadah unjuk aksinya.

Seperti kawasan di Jalan Murjani, lanjutnya, yang kerap digunakan untuk balapan pada saat malam minggu tiba.

“Pertama, lakukan sosialisasi sebaik mungkin, berikan pemahaman akan bahayanya berkendara ugal-ugalan kepada anak-anak muda. Lalu intensifkan patrol dan penindakan kepada mereka yang masih melanggar, sebab tak sedikit masyarakat yang terganggu akan keberadaan balapan liar tersebut. Juga peran orang tua untuk selalu mengingatkan anaknya agar tak mengikuti aksi balapan sepeti itu juga kita harapkan ditingkatkan,” pungkasnya. rgb

Pos terkait