Masyarakat Diimbau Hindari Penularan HIV/AIDS

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya, mengimbau masyarakat di Kota Palangka Raya untuk terus waspada serta menjauhi virus berbahaya HIV/AIDS dengan lebih intensif dan bijak.

Hingga saat, penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) menjadi permasalahan dunia yang makin serius diperhatikan, mengingat setiap tahunnya jumlah penderitanya semakin bertambah banyak. Melihat hal tersebut,

Bacaan Lainnya

iklan atas

Susi Idawati, anggota DPRD Kota Palangka Raya dari Partai NasDem mengatakan jika potensi dan resiko penyebaran virus HIV/AIDS bisa terjadi kepada siapa saja apabila kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan.

“Semua orang bisa memiliki potensi tertular penyakit yang mematikan ini. Oleh sebab itulah masyarakat harus bisa membangun kesadaran akan pentingnya memiliki pola hidup yang sehat dan bersih, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengecek keberadaan virus yang menyerang kekebalan tubuh dan membuat kita semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit,” katanya saat dibincangi Tabengan, Kamis (12/9).

Untuk itu, dirinya mendorong agar pemerintah daerah bisa terus memaksimalkan gerakan dan program penanggulangan di Kota Palangka Raya. Susi merasa khawatir dengan penularan HIV/AIDS, karena tren penyebarannya terus meningkat dan para penderitanya didominasi oleh masyarakat usia produktif.

“Penyebaran penyakit itu juga seperti fenomena gunung es yang mana dimungkinkan banyak masyarakat terjangkit namun tak segera berobat atau belum tahu jika dirinya terinveksi HIV/AIDS,” ujarnya menjelaskan.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan pemerintah bisa terus memperkuat edukasi, sosialisasi, penyuluhan dan pendampingan terhadap masyarakat yang berisiko terkena penyakit tersebut. Ia mencontohkan Dinas Pendidikan, dimana bisa menjadi sarana edukasi dan sosialisasi bagi remaja usia sekolah, Dinas Tenaga Kerja yang memberikan sosialisasi bagi para pekerja, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bagi para pelaku usaha, ataupun Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang memberikan edukasi kepada generasi muda melalui organisasi kepemudaan dan sebagainya. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas