Penempatan Tenaga Kesehatan Harus Merata

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengimbau agar penempatan tenaga kesehatan di Kalteng dilakukan secara merata. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) belum memiliki tenaga kesehatan.

Anggota DPRD Kalteng Ferry Khaidir mengatakan, pentingnya pemerataan tenaga kesehatan di daerah ini agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Dia juga mengapreasiasi, upaya telah dilakukan pemerintah untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, di antaranya dengan pengangkatan dan penempatan tenaga kesehatan dan dokter dan ketenaga keperawatan.

“Namun, yang penting juga menjadi perhatian di daerah terpencil yang mana kadang terjadi di beberapa kabupaten, tenaga kesehatannya kurang mau bertugas di desa terpencil ini harus menjadi perhatian. Kita mengharapkan agar penempatan tenaga kesehatan ini dapat dilakukan secara merata di seluruh daerah,” kata Ferry Khaidir, kepada Tabengan, di gedung dewan, pekan lalu.

Selain itu, anggota Komisi I DPRD Kalteng ini juga berharap perlu adanya perlindungan pasien, sehingga tidak hanya layanan fasilitas kesehatan saja. “Peningkatan proporsi puskesmas dan rumah sakit pada kabupaten/kota se Kalteng, peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan, peningkatan kualitas fasilitas kesehatan serta SDM serta peningkatan kualitas manajemen rumah sakit juga harus menjadi perhatian,” tambahnya.

Namun, upaya tersebut juga harus dibarengi pula dengan aturan yang jelas dan tegas, serta komitmen yang tinggi dari pemangku kepentingan. “Terutama dari pemerintah daerah untuk menjalankan aturan tersebut, bila tika maka upaya kita akan sia-saia,” tegasnya. tho

iklan atas

Pos terkait

iklan atas