Sektor Kebudayaan di Era Sugianto Meningkat

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sektor kebudayaan dan kepariwiataan di era kepemimpinan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran terus meningkat. Ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya jumlah kunjungan wisatawan, termasuk jumlah event yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) Nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, di kantornya, Jumat (18/10) mengatakan, pada 2017 belum ada event di Kalteng yang masuk dalam Calendar of Event Nasional, namun pada 2018 ada satu yang masyuk, yaitu Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Bacaan Lainnya

iklan atas

Sedangkan pada 2019 ini, sudah ada dua event yang masuk dalam Calendar of Event Nasional tersebut yaitu FBIM dan Festival Babukung dari Kabupaten Lamandau. Bahkan Festival Babukung tersebut merupakan satu-satunya event kabupaten di Kalteng yang masuk dalam Calendar of Event Nasional, ujarnya.

Namun pada 2020 mendatang, ujar Guntur, dari lima event di Kalteng yang disulkan, ada tiga yang disetujui untuk masuk dalam Calendar of Event Nasional tahun 2020 yaitu, FBIM, Festival Babukung dan Festival Tanjung Puting dari Kabupaten Kotawaringin Barat.

Diungkapkannya, ketika event tersebut sudah masuk Calendar of Event Nasional, maka aturanya tidak boleh merubah tanggal, bulan, dan hari pelaksanaanya. Sehingga komitmen ini harus kita jaga, ujarnya.

Lanjutnya, untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke daerah ini, sehingga event-event harus lebih diperbanyak, untuk itu dia mendorong kabupaten/kota untuk memiliki setidaknya 5-10 event. dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas