Petani di Kotim Usul Alat Pemecah Limbah

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Banyak keinginan dan harapan dari masyarakat di daerah terkait berbagai usulan dan lainnya. Salah satunya dari wilayah Kotim, yang mengharapkan bantuan pengadaan mesin pemecah limbah pertanian, dari pemerintah.

Wakil rakyat dari Dapil II yang meliputi Kotim dan Seruyan Artaban mengatakan, keinginan itu sendiri disampaikan kepada pihaknya, dalam pelaksanaan reses ataupun kunjungan dalam daerah. Dirinya menyebut Kotim sendiri memiliki wilayah yang sangat luas. Bahkan bisa dikatakan potensial, untuk sektor peternakan dan pertanian.

Bacaan Lainnya

iklan atas

“Memang cukup baik untuk dua lini yang ada, hanya saja belum optimal untuk dikembangkan, akibat terbatasnya modal di lingkup masyarakat,” ujarnya belum lama ini. Maka untuk itu aspirasi yang disampaikan para petani setempat, sangat mengharapkan adanya mesin tersebut, sebagai penunjang pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

Disebutkannya harapan untuk bantuan mesin pemecah limbah pertanian itu, digunakan sebagai pembuat pupuk dan pakan ternak. Tidak hanya soal pertanian saja yang menjadi usulan masyarakat disana, namun juga lini peternakan, khususnya sapi. Konsituen di wilayah itu berharap adanya pengembangan ternak tersebut, yang menginginkan bantuan bibit sapi.

Selain itu persoalan lain yang sangat penting, seperti harga karet yang hingga saat ini masih belum stabil. Wajar saja, dimana sebagian masyarakat, masih mengandalkan komoditas tersebut, dalam menghidupi keluarga bahkan sebagai mata pencaharian utama. Intinya harapan kenaikan harga karet, merupakan sebagai motivasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pertanian karetnya.

“Selain karet warga juga mengusulkan soal kelanjutan pembangunan pasar parenggean, dimana pasar merupakan salah satu penunjang pembangunan dari sisi ekonomi masyarakat,” ujarnya mengakhiri. drn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas