Bupati Resmikan Wisata Dam Desa Turan Amis

  • Whatsapp
iklan atas

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Sebuah tempat wisata dan edukasi milik BUMDES Desa Turan Amis, Kecamatan Raren, kini bisa dikunjungi, yakni Wisata Dam. Menyusul diresmikannya lokasi wisata dan edukasi buatan tersebut oleh Bupati Ampera AY Mebas, Kamis (24/10).

“Saya beri apresiasi bagi Kades Turan Amis dan jajarannya yang berani membuat terobosan serta mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan membuat tempat wisata Dam yang memanfaatkan embung air seperti ini. Semoga usaha ini makin maju dan menjadi inspirasi bagi desa lainnya,” harap Ampera.

Bupati menambahkan, selain meresmikan wisata Dam Desa Turan Amis, dalam waktu dekat ini, ia akan meresmikan wisata alami air terjun Riam Kendung, Desa Raren Batuah, Kecamatan Raren Batuah.

Ampera optimistis, sejumlah lokasi wisata ini mampu mendukung program pemerintah mengembangkan usaha di sektor pariwisata. Bahkan pada 2020 mendatang, Pemkab menargetkan pembangunan puluhan pariwisata lain di sejumlah desa .

“Ya, tahun depan kita optimistis akan terus kembangkan usaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Baik wisata alami seperti wisata alam Liang Saragi di Desa Ampari, Pulau Patai dan desa lain yang memiliki potensi,” beber Bupati.

Diketahui, acara peresmian Wisata Dam, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di pintu masuk lokasi wisata. Setelah itu, bupati didampingi Kades Turan Amis dan pejabat berkeliling lokasi.

Sementara itu, Kades Turan Amis, Linda Lanus menyebutkan, taman edukasi dan Wisata Dam air dibangun pada lahan kurang lebih seluas 1 kilometer persegi. Lahan tersebut merupakan murni tanah desa.

Artinya, jelas Linda, pembangunan lokasi ini bersumber dari APBDes, sesuai dengan rencana yang tertuang dalam Musrenbang Desa.

“Atas nama pemerintah desa, saya sampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, khususnya Bupati Bartim yang berkenan meresmikan lokasi wisata Dam Desa Turan Amis,” ujarnya.c-yus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas