Sekda Resmikan Tempat Wisata Baru Anjungan Sampit

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor meresmikan tempat wisata baru di Sampit Kabupaten Kotim yakni Anjungan Sampit.

Berlokasi di Jalan Gunung Arjuno 8 Sampit, Anjungan Sampit, merupakan rumah dengan desain rumah betang dimana didalam rumah itu tersedia koleksi barang antik jaman dulu seperti piring malawen, tajau atau guci, ranjang, lesung dan barang antik lainnya.

Bacaan Lainnya

Ketika melihat-lihat koleksi barang antik di lokasi itu, Sekda Halikin nampak tertarik dengan barang-barang yang dipajang. Bahkan ia mengaku takjub dengan barang-barang koleksi pemilik anjungan Sampit yakni Utari Riambarwati.

“Saya sangat mengapresiasi upaya pemilik Anjungan Sampit mengoleksi benda-benda bersejarah. Karena ini bisa menjadi lokasi wisata dan juga edukasi sejarah bagi para generasi muda kita,”ujarnya, Selasa (1/10).

Bahkan ia mengaku akan memberikan dukungan untuk pengembangan lokasi tersebut dengan mengusulkan rehab tempat agar anjungan Sampit tempatnya bisa diperluas dan dapat memuat koleksi lebih banyak lagi.

“Saya akan usulkan untuk pendanaan pengembangan lokasi wisata ini. Karena tempat ini bisa nantinya menjadi tempat kunjungan bagi wisatawan lokal maupun asing,”katanya.

Pemilik Anjungan Sampit Utari Riambarwati menuturkan dirinya memiliki ratusan jenis benda bersejarah. Mulai dari alat makan, ranjang, lampu, alat pertanian, alat memasak dan lainnya yang bertemakan jaman dulu.

Anjungan Sampit menurutnya dibuka untuk umum mulai Rabu (2/10), dengan waktu kunjungan mulai pukul 09.00 WIB hingga malam hari.”Pengunjung dikenakan tarif untuk dewasa Rp25 ribu dan anak-anak Rp15 ribu. Kedepan kita juga akan mengembangkan lokasi kuliner di tempat ini,” tandasnya.c-may

Pos terkait