“Tanduk Iblis”

  • Whatsapp

INDIA/tabengan.com – Ahli bedah di India berhasil memotong ‘tanduk iblis’ sepanjang 10 cm dari kepala seorang pria tua. Tanduk itu muncul setelah kepala pria itu terbentur 5 tahun lalu.

Shyam Lal Yadav, 74 tahun, mengatakan tanduk yang menonjol itu mulai tumbuh sekitar 5 tahun lalu, setelah kepalanya terbentur. Pada awalnya, pertumbuhan tanduk itu dikendalikan oleh tukang cukurnya.

Tetapi Shyam yang bekerja sebagai petani itu mengatakan bahwa tanduk itu dengan cepat menjadi keras dan panjang sehingga dia harus mencari bantuan dari dokter.

Tanduk, yang disebut sebagai tanduk sebaceous, itu diketahui terbuat dari keratin, serat yang ditemukan di kuku kaki dan rambut manusia.

Ahli bedah saraf di Rumah Sakit Bhagyoday Tirth di Kota Sagar, India, menghilangkan tonjolan itu dan Yadav sekarang mulai pulih.

“Sekitar lima tahun yang lalu pasien telah melukai kepalanya dan kemudian sebuah benjolan mulai tumbuh,”kata Dokter Vishal Gajbhiye sebagaimana dilansir Metro, Jumat (20/9).

“Awalnya, dia mengabaikannya karena tidak menyebabkan ketidaknyamanan. Dia juga memotong benjolan itu di tukang cukur lokal. Namun, ketika benjolan itu mengeras dan mulai tumbuh lebih lanjut, dia mendatangi rumah sakit di Sagar.”

Dokter Vishal mengatakan karena tanduk itu terbuat dari keratin, tonjolan itu bisa dipotong dengan menggunakan pisau yang steril. Tetapi, kondisi yang mendasari pertumbuhannya masih perlu dirawat.

“Perawatannya berbeda-beda, tetapi bisa termasuk pembedahan, terapi radiasi dan kemoterapi. Segera setelah dihilangkan, kulit dicangkokkan pada luka yang sekarang sudah sembuh total,” kata Vishal.o-zon

Pos terkait