Pilkada Serentak 2020, Penantang Petahana Masih Malu-malu

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/Tabengan.com – Sejumlah partai politik (parpol) secara resmi telah membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) kepala daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Beberapa parpol tersebut di antaranya PDI Perjuangan, Demokrat dan Gerindra. Namun, sampai saat ini dari ketiga parpol yang sudah membuka pendaftaran itu, hanya di PDI Perjuangan yang sudah ada balon yang mengambil formulir pendaftaran.

Bacaan Lainnya

iklan atas

Sementara untuk Demokrat, dari sejak dibuka beberapa hari lalu, hingga saat ini belum ada calon yang mengambil formulir. Sedangkan Gerindra, telah membuka secara resmi pendaftaran balon, Senin (16/9).

Di PDI Perjuangan sendiri baru ada petahana H. Sugianto Sabran yang sudah terang-terangan maju kembali pada Pilgub mendatang dan langsung mengambil formulir sendiri sejak dibuka pendaftaran di DPD PDI Perjuangan, pekan kemarin.

Sementara hingga kemarin ada beberapa orang yang telah mengambil formulir pendaftaran, tapi belum jelas untuk siapa formulir pendaftaran tersebut. Kelihatannya penantang petahana masih malu-malu.

Wakil Ketua 2 Panitia Pendaftaran di PDI Perjuangan Warda Rocky M. Dahan mengatakan sejak dibuka 9 September lalu, sedikitnya ada 7 formulir yang telah diambil di DPD PDI Perjuangan. Namun, dalam pengambilan formulir tersebut belum disertai nama balon yang ingin melamar ke PDI Perjuangan.

“Dari awal pendaftaran hingga Senin, 16 September, baru Pak Sugianto Sabran yang terang-terangan mencalonkan. Yang lain masih rapat menyimpan nama siapa yang akan mendaftar, mereka masih mengambil formulir, tapi belum menyebutkan nama. Nanti akan kelihatan saat pengembalian formulir,” ungkap Warda Rocky, saat dihubungi Tabengan, kemarin.

Dikatakan, PDI Perjuangan akan masih menerima siapapun yang ingin mendaftar ke PDI Perjuangan, karena untuk masa pendaftaran ini sifatnya terbuka untuk umum. “Batas waktu pendaftaran sampai 28 September mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan dari DPD Demokrat Kalteng HM Sriosako mengatakan sampai saat ini di Demokrat belum ada balon yang mengambil formulir untuk maju di Pilkada Gubernur.

“Sampai saat ini masih belum ada, untuk terakhir pendaftaran masih kita buka. Mungkin dalam beberapa hari lagi, ada balon yang akan mendaftar,” terangnya.

Terpisah, Ketua Tim Penjaringan dari DPD Gerindra Kalteng Kuwu Senilawati mengungkapkan pihaknya secara resmi membuka pendaftran bagi putra-putri terbaik Kalteng yang ingin bertarung pada Pilgub dan Pilbub Kotim 2020 mendatang.

“Hari ini kita sudah membuka secara resmi dan akan ditutup 28 September mendatang. Bagi siapa saja yang ingin maju melalui Gerindra, untuk pendaftaran kita buka setiap hari dari pagi hingga pukul 14.00 WIB di DPD Gerindra,” kata Kuwu.

Meski baru dibuka, kata dia, beberapa balon sudah ada menghubungi pihaknya untuk mendaftarkan diri. Namun, belum bisa disebutkan siapa saja yang akan mendaftar ke Gerindra Kalteng.

“Untuk nama-namanya masih belum bisa kita sebutkan, mungkin dalam beberapa hari ini mereka akan datang langsung ke Gerindra Kalteng,” terangnya.

Sekretaris Tim Jainudin Karim mengatakan hasil Pileg lalu Gerindra mendudukkan 5 wakilnya di DPRD Kalteng dan di DPRD Kotim.

“Jadi kita akan berkoalisasi, kita siap dipinang dan meminang, karena untuk provinsi kita masih membutuhkan 4 kursi, sementara di Kotim kita masih membutuhkan 3 kursi,” kata Jainudin. sgh

iklan atas

Pos terkait

iklan atas