Pencuri Toilet Emas

  • Whatsapp

LONDON/tabengan.com – Sekelompok pencuri berhasil menggondol sebuah toilet emas 18-karat dari Istana Blenheim, Inggris, di mana benda itu dipasang sebagai bagian dari pameran seni.

Toilet yang ditaksir bernilai lebih dari USD5 juta (sekitar Rp69,8 miliar) itu merupakan bagian dari pameran karya seniman Italia, Maurizio Cattelan, yang dibuka dua hari lalu di lokasi wisata yang berjarak sekira 100 kilometer sebelah barat London itu. Toilet, yang dinamakan “America” itu sebelumnya dipajang di sebuah bilik di Museum Guggenheim, New York, di mana lebih dari 100.000 pengunjung dapat menggunakannya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan keterangan Kepolisian Thames Valley, para pencuri yang menggunakan setidaknya dua kendaraan masuk ke istana tersebut, dan memindahkan toilet itu pada Sabtu, beberapa jam sebelum pukul 5 pagi. Istana Blenheim dikenal sebagai tempat kelahiran pemimpin Inggris pada era Perang Dunia II, Winston Churchill.

“Karena toilet yang dihubungkan pipa saluran ke dalam gedung, (insiden) ini telah menyebabkan kerusakan dan banjir yang signifikan,” tambah Detektif Inspektur Jess Milne dalam sebuah pernyataan publik sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (15/9).

Polisi mengatakan mereka telah menangkap seorang pria berusia 66 tahun sehubungan dengan pencurian itu, tetapi belum berhasil menemukan kembali karya seni tersebut.

Istana Blenheim mengatakan itu sedih dengan hilangnya karya seni “berharga” itu. Pihak museum mengatakan sisa pameran akan kembali dibuka pada Minggu.

Tahun lalu, ketika toilet berada di Guggenheim, Washington Post melaporkan Presiden Donald Trump menolak tawaran dari museum untuk sementara waktu memasang toilet untuk penggunaan pribadinya di Gedung Putih.o-zon

Pos terkait