Dekranasda Diminta Maksimalkan Industri Kerajinan

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dapat memaksimalkan pengembangan industri kerajinan.

Permintaan itu disampaikan Gubernur Kalteng melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yuel Tanggara, saat Rakerda Dekranasda Kalteng, di Hotel Aquarius, belum lama ini.

Menurut Gubernur, lanjut Yuel Tanggara, industri kerajinan Kalteng yang sangat diminati masyarakat adalah anyaman rotan, getah nyatu, mandau, ukiran kayu, dan kerajinan benang bintik.

Bahkan, para perajin dan desainer generasi muda juga sudah mulai bermunculan, seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, terutama mengikuti trend pemasaran melalui sosial media yang begitu gencar. Namun tidak sedikit juga produk kerajinan masih dikerjakan oleh orang tua yang dianggap tidak produktif lagi.

Untuk itu, peran Dekranasda Kalteng sebagai induk dan payung para perajin untuk membina, mengembangkan, dan menumbuhkan bagi pelaku usaha industri kecil menengah kerajinan yang milenial.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui program kegiatan dan mensinergikan program-program dengan Dekranasda kabupaten/kota se Kalteang serta dengan instansi pemerintah, BUMD dan sawasta di daerah, sehingga diharapkan dapat menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan berkesinambungan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng. dkw

Pos terkait