Jalan di Poros Selatan Rusak

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Infrastruktur jalan di poros selatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih rusak. terutama di ruas jalan perbatasan antara Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kuala Kapuas, Ibu Kota Kabupaten Kuala Kapaus.

Anggota DPRD Kalteng H Monte Carlo mengatakan, saat melaksanakan reses lalu, masyarakat Kabupaten Kapuas, khususnya yang berbatasan langsung dengan wilayah Kalsel meminta kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng untuk memperbaiki ruas jalan di wilayah itu.

Salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan perbatasan Kalsel adalah Desa Anjir Mambulau Timur, Kecamatan Kapuas Timur.

Dalam reses itu, ungkap dia, masyarakat mengeluhkan banyaknya kerusakan pada ruas jalan di wilayah perbatasan tersebut.

“Masyarakat setempat meminta Pemprov Kalteng, sesuai dengan kewenangan dan fungsinya antara lain perbaikan jalan poros selatan dari perbatasan Pemprov Kalsel menuju Kuala Kapuas,” kata Monte Carlo, kepada Tabengan, Rabu (21/8).

Perbaikan tersebut perlu segara dilakukan karena ruas jalan ini aspalnya banyak yang retak atau terkelupas sehingga membahayakan bagi para pengendara, khususnya kendaraan roda dua.

“Jalan diwilayah ini juga banyak yang berlobang, sementara saat ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kapuas hanya melakukan tambal sulam, padahal ini ruas jalan dan ranah Provinsi,” ungkap Anggota Komisi D DPRD Kalteng ini.

Lebih lanjut, dalam pertemuan tersebut masyarakat jalan kali Anjir juga meminta perbaikan jalan, yang menghubungkan dua desa di wilayah ini. Karena sekarang kondisinya rusak berat, khususnya di wilayah Mambulau Timur.

“Ada juga permintaan masyarakat setempat agar Pemkab Kapuas dan Pemprov Kalteng untuk bersinergi untuk membangun jembatan menyeberang kali Anjir,” terang legislator dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Kemudian ada juga permintaan masyarakat setempat untuk pembersihan dan pengerokan handel gantung sepanjang kurang lebih 8 km hingga handel mulya. “Serta permintaan masyarakat di sini agar lahan tidur seluas 1000 hektare yang belum digarap dapat diberdayakan,” pungkasnya. sgh

Pos terkait