Obat Tradisional Dayak Tak Hanya Bajakah

  • Whatsapp
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalimantan bagai tanah surga. Dari Dayak ini kaya dengan sumber daya alam. Dulu dikenal sebagai pusat penghasil kayu, kini jadi pusat produksi sawit dan tambang. Tak hanya itu, tanah Borneo menyimpan berbagai tanaman obat tradisional. Seperti saat ini yang lagi booming, akar Bajakah. Tapi selain akar Bajakah, masih banyak tanaman obat dari tanah Dayak yang sudah dikenal sejak jaman dulu.

“Kalau sekarang akar Bajakah sedang banyak orang cari, tapi sebelumnya ada bawang Dayak yang dapat memnyembuhkan berbagai macam penyakit. Dari dulu memang obat tradisional Dayak banyak yang cari,” ucap penjual tanaman obat tradisional khas Dayak di Pasar Kahayan kota Palangka Raya, Murni, saat ditemui Tabengan, Rabu (21/8).

Bacaan Lainnya

iklan atas

Murni mengungkapkan, bawang Dayak merupakan obat herbal yang dipakai secara turun-temurun untuk menyembuhkan penyakit kronis, seperti darah tinggi, hepatitis, kanker, asam urat dan lainnya. “Jadi biasanya orang Dayak pakai obat ini sebagai alternatif, karena bahannya alami jadi tidak ada efek sampingnya. Jadi aman saja untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Murni mengatakan, harga Bawang Dayak dipatok mulai dari harga Rp50 ribu hingga Rp100 ribu tergantung beratnya. Selain itu Ia juga menjual paket obat tradisional mulai Rp500 ribu sampai Rp600 ribu per paket. “Jadi kalau harga bawang Dayak dari dulu sampai sekarang sama. Selain itu, juga ada jual paket yang terdiri dari macam-macam akar Bajakah, Bawang Dayak serta tanaman ramuan obat lainnya,” ungkapnya.

Dengan maraknya warga mencari obat tradisional khas Dayak, penghasilannya meningkat tajam dibandingkan sebelumnya. Dalam sehari Ia dapat menjual lima sampai enam paket. “Lebih gampang menjualnya sekarang karena banyak masyarakat yang sudah mulai percaya khasiat obat khas Dayak ini. Kalau dulu satu paket saja dalam sehari belum tentu terjual. Namun, saat ini sudah lumayan sekali ordernya,” bebernya.

Obat tradisional lainnya, seperti Sarang Semut Kalimantan juga mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit gangguan jantung serta memperlancar pembuluh darah. “Sarang semut juga mampu mengatasi berbagai penyakit, biasanya diolah menjadi makanan bubur atau berupa minuman seperti teh,” katanya. sda

iklan atas

Pos terkait

iklan atas