Komisi A Kunjungi Kantor Samsat Gianyar

  • Whatsapp

GIANYAR/tabengan.com – Komisi A DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kaji banding ke Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Tujuan kaji banding kali ini untuk melihat secara langsung sistem pelayanan yang diberikan oleh Kantor Samsat Gianyar kepada masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

“Untuk kunjungan kerja (Kunker) keluar daerah kali ini kita memilih kaji banding ke Samsat Gianyar untuk melihat sistem pelayanan mereka kepada masyarakat,” kata Ketua Komisi A DPRD Kalteng Y Freddy Ering, saat dibincangi Tabengan, di sela-sela kunjungan, Kamis (8/8).

Dikatakan, pihaknya dari Komisi A yang membidangi pemerintahan, hukum, politik dan keuangan merasa perlu kaji banding ke daerah ini, khususnya kantor Samsat untuk melihat sejauh mana pelayanan publik yang diselenggarakan kepada masyarakat. “Selain itu tentunya Samsat sebagi objek unit pelaksana teknis daerah (UPTD).

Pemprov dalam rangka penggalian pajak untuk kepentingan pendapatan asli daerah (PAD),” terang Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini.

Dijelaskan, kunjungan yang dilaksanakan ini cukup berhasil karena pihaknya bisa mndengar dan melihat langsung sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Giaanyar.

“Dan, ternyata memang tidak keliru kita datang ke Gianyar. Karena dari segi kinerja itu standar pelayanan Samsatnya mungkin yang tertinggi, yang terbaik se Provinsi Bali. Walaupun rata-rata Samsat yang ada di Bali mereka rata-rata bagus. Tapi yang terbaik di Kabupaten Gianyar,” ungkap legislator dari fraksi PDI Perjuagan ini.

Lebih lanjut dijelaslan, sistem pelayanan yang diberikan oleh Samsat Gianyar kepada para pelangga pembayar pajak sangat luar biasa.

“Karena dalam rangka pelayanan ya, mereka memang untuk para pelanggan yang bayar pajak. Perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK), terus mutasi, mobil baru pelayanan pelanggan itu luar biasa,” pungkasnya. sgh

Pos terkait