Pertama di Kalteng, Pemdes Olung Nango Programkan Air Mineral Kemasan

  • Whatsapp
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Olung Nango, Kecamatan Tanah Siang, untuk pertama kali di Provinsi Kalteng, menjalankan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) air mineral kemasan yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2018 lalu.

Kepala Desa Olung Nango Kornelius Kamboy saat dikonfirmasi Tabengan di kediamannya, Minggu (28/7) membenarkan pihaknya merupakan satu-satunya desa di Provinsi Kalteng yang memiliki Bumdes berupa air kemasan, baik itu dalam kemasan gelas ataupun botol.

“Bumdes air kemasan itu pembangunamnya sudah berjalan sejak tahun anggaran 2018 yang lalu, dan mudah-mudahan dalam beberapa tahun kedepan, Bumdes ini bisa operasional,” kata Kamboy, sapaan akrabnya.

Pada tahun 2018, bebernya, Pemdes Olung Nango mendapatkan dana segar dari Pemerintah Pusat (APBN) untuk Bumdes air kemasan tersebut sebesar Rp 1 Miliar, diperuntukan untuk pembangunan gudang/gedung Bumdes, mesin/pompa air dari Malang, dan pembangunan halaman atau tempat parkir, gedung, pipa, instalasi listrik, dan lain sebagainya.

Bumdes air kemasan dari Olung Nango ini sudah mendapatkan dukungan secara penuh dari Bupati Murung Raya.

Bahkan jika nanti Bumdes ini sudah benar-benar berjalan, Pemkab Mura siap bekerja sama dengan Pemdes Olung Nango dalam hal penyedian air dalam kemasan, baik itu gelas ataupun botol.

“Sudah disampaikan bapak Bupati kalau nanti sudah jalan, seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Dinas dan Kantor yang ada di Kabupaten Murung Raya wajib untuk menerima pasokan air dalam kemasan dari Bumdes Olung Nango,” katanya.

Kamboy juga menyampaikan, jika nanti Bumdes ini berjalan bisa membantu perekonomian masyarakat Desa Olung Nango khususnya, dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.c-vid

iklan atas

Pos terkait

iklan atas