Meski Kondusif, Kalteng Jangan Lengah

  • Bagikan

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalteng merupakan salah satu provinsi, yang masih relatif kondusif. Kendati begitu seluruh masyarakat tetap diharapkan untuk tetap menjaga kewaspadaan, terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Legislator dari Partai Hanura DR P Lantas Sinaga, jangan sampai ada kelengahan terhadap hal yang bersifat merusak harmonisasi. “Walaupun provinsi kita masih relatif aman, namun tidak ada salahnya elemen masyarakat tetap siaga dan waspada,” ujarnya kepada awak media disela-sela rapat kerja, belum lama ini. Apalagi beberapa waktu lalu, terjadi sejumlah penangkapan kasus dugaan terorisme di Kalteng. Untuk itu wajar apabila masyarakat intensif, dalam mengawasi sejumlah hal-hal asing ataupun yang mencurigakan (bersifat mengarah pada gerakan/tindakan terorisme).

Selain itu beberapa persoalan yang juga wajib diwaspadai, seperti radikalisme. Wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas itu mencontohkan seperti indikasi beberapa Warga Negara Indonesia (WNI), yang kembali dari negara yang tengah berkonflik seperti Suriah, dan lainnya, dengan dugaan mengikuti organisasi berpaham radikal.

“Ini yang harus kita jaga. Mindset atau cara berpikir mereka juga sudah berbeda, seakan-akan Indonesia sama seperti di area konflik atau perang. Dikhawatirkan saudara sebangsa yang malah menjadi korban,” tutur Anggota Komisi A yang membidangi hukum, anggaran, dan lainnya tersebut. Dirinya menambahkan pencegahan terhadap potensi semacam itu, bisa dilakukan melalui pengamanan diseluruh lini.

Dirinya juga menegaskan bukan berarti kondusifitas yang terjaga selama ini, hanya dibebankan kepada aparat berwenang saja. Komponen masyarakat sendiri memiliki andil dan tanggung jawab, untuk menjaga kondisi yang aman.

Intinya jangan sampai ada pihak-pihak atau oknum, yang terindikasi menganut paham radikalisme, dengan sasaran merusak kedamaian di Kalteng atau negara kesatuan Indonesia. Terkait itu dirinya berharap agar masyarakat juga bijaksana serta cerdas, dalam menanggapi berbagai isu negatif.

Selama ini provinsi tersebut, memiliki masyarakat yang memang sangat baik dan bertoleransi. Harapannya agar harmonisasi yang ada selama ini, terus terjaga baik unsur pemerintah, keamanan maupun masyarakatnya. drn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *