Keberadaan PAUD Penting di Daerah

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) merupakan sebuah elemen penting dalam dunia pendidikan. Pemerintah saat ini mulai menggencarkan, program satu Paud satu desa. Kalangan DPRD Kalteng, mendukung perencanaan tersebut.

“Kabupaten diharapkan mulai menindaklanjuti program itu,” ujar Anggota Komisi C Duwel Rawing, kepada Tabengan, belum lama ini. Setiap desa bisa mempersiapkan, sarana dan prasarananya dari sekarang. Pembangunan itu, tidak perlu memakan dana yang besar. Bahkan cukup megah.

Bacaan Lainnya

Yang terpenting, fasilitasnya lengkap dan memadai. Tentunya ada sarana bermain anak-anak. Kabupaten melalui kecamatan, harus ikut serta dalam mendukung rencana itu. Termasuk pembiayaan dan perlengkapan lainnya. Duwel menilai, paud memiliki dampak yang positif bagi tumbuh kembang anak.

Melalui bermain dan belajar, anak bisa melewati fase menuju tingkat selanjutnya. Harapan yang akan dicapai, agar anak bisa cerdas dan mampu, beradaptasi dengan lingkungan. Selama ini peranannya di daerah, memang sudah cukup baik. Hanya saja belum begitu maksimal. Sebagian kabupaten memiliki Paud di sejumlah desanya.

Ada juga yang hanya membangun di kecamatannya saja. Duwel menegaskan, sebenarnya pelaksanaan Paud itu, sudah terwujud sejak lama. Salah satu cikal bakal adanya sarana tersebut adalah Posyandu. Sama seperti Paud, tumbuh kembang anak, bisa dideteksi melalui penimbangan berat badan dan imunisasi.

“Kalau Paud, melalui bimbingan dan permainan yang positif,” ujarnya. Pelaksanaannya juga sangat strategis, karena menyangkut umur anak-anak. Di saat itu, otak anak tengah mengalami perkembangan dan menyerap apa saja yang ada disekitarnya. Paud memiliki fungsi yang baik, dalam mengarahkan kecerdasan, agar kedepannya bisa menjadi anak yang pintar.

Kalau tidak diwujudkan, bisa saja tumbuh kembang anak menjadi tidak maksimal. Dicontohkannya ketika di Taman Kanak-Kanak (TK), anak-anak sudah mulai bergaul satu sama lain. Hal ini harusnya, sudah dilakukan sejak berada di Paud. Untuk tenaga pengajarnya sendiri, sudah mulai digenjot. drn

Pos terkait