Bursa Pilbup, Peserta Jalur Independen Lebih Agresif

  • Whatsapp

SAMPIT/tabengan.com – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Tahun 2020 mendatang diperkirakan lebih banyak pesertanya dibandingkan Pilkada sebelumnya. Para peserta pilkada selain maju melalui jalur partai politik, juga banyak yang maju melalui jalur independen.

Bahkan saat ini sejumlah kandidat sudah datang KPU Kotim untuk silaturahmi dan konsultasi.

Bacaan Lainnya

Sejumlah kandidat sudah terang-terangan menyakatan maju pada Pilkada Kotim 2020. Seperti HM Jhon Krisli SE, H. Supriadi MT, HM Taufiq Mukri dan H. Yoyo Sugeng Triyogo.

Selain itu, juga disebut-sebut nama H. Halikonoor dan H. Ary Dewar akan ikut maju di Pilkada Kotim. Sejumlah kandidat menyatakn akan maju melalui jalur independen sepert HM. Jhon Krisli dan H.Yoyo Sugeng Triyogo.

Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih mengungkapkan, pihaknya sudah menerima kunjungan sejumlah kandidat bakal calon peserta Pilkada Kotim 2020. Namun demikian pihaknya saat ini hanya bisa memberikan data yang terbatas, mengingat peraturan untuk pelaksanaan Pilkada 2020 masih belum diterbitkan oleh KPU RI.

Sehingga saat ini masih berpegangan pada peraturan sebelumnya. Seperti syarat jumlah dukungan untuk jalur independen sebesar 8,5 persen dari jumlah DPT dan sebarannya minimal di 50 persen kecamatan. “Namun untuk kepastiannya kita tetap menunggu aturan yang diterbitkan oleh KPU RI,” jelas Ketua KPU.

Pada Pilkada Kotim 2016 lalu ada 4 pasangan yang bertarung, 3 pasangan diusung oleh partai politik dan 1 pasangan maju dari jalur independen. Pada Pilkada 2020 mendatang, diperkirakan jumlah peserta pilkada Kotim lebih banyak lagi. Saat ini saja sudah dua kandidat sudah siap maju di jalur independen.

Sedangkan dari jalur partai politik, sejumlah tokoh juga menyatakan siap maju seperti H. Supriadi MT dari Partai Golkar dan H. Ary Dewar dari Partai Gerindra dan HM Taufiq Mukri dari PPP. Sejumlah partai politik yang diperkirakan memiliki banyak kursi besar di DPRD Kotim seperti PDI Perjuangan, PAN dan PKB serta Partai Demokrat masih belum memperlihatkan figur yang akan mereka usung.

Salah seorang kandidat dari jalur independen, Yoyo Sugeng Triyogo mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah membentuk tim relawan di setiap kecamatan di Kotim. Pihaknya juga sudah berkunsultasi dan silaturahmi ke KPU dan Bawaslu Kotim.

“Insyaallah saya akan ikut serta di Pilkada Kotim 2020. Ada beberapa hal yang harus kita sinkronisasikan terkait dengan aturan-aturan yang baru, bagaimana pencalonan. Namun yang saya ketahui PKPU yang baru masih belum keluar,” terang pengusaha yang pernah duduk di DPRD Kalteng ini. c – arb

Pos terkait