BUMDes Harus Berdampak bagi Kesejahteraan

  • Whatsapp

KUALA KURUN/tabengan.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang merupakan salah satu lembaga yang berada di desa dan dikelola oleh masyarakat sekitar dalam rangka memperkuat perekonomian merupakan upaya pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Karena itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan mengharapkan pengurus BUMDes harus jeli dalam melihat semua potensi yang ada, sehingga apa yang menjadi tujuan awal dari pembentukan BUMDes di seluruh desa dapat dirasakan dampaknya bagi masyarakat luas.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin setiap desa yang memiliki pengurus BUMDes dapat melihat peluang serta potensi yang ada di desa, sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi pendapat bagi desa,” kata Rayaniatie kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Legislator perempuan ini juga menjelaskan, ada banyak potensi lokal yang dapat dijadikan unggulan dan dapat digeluti. Namun setiap potensi tersebut tidak akan mampu bersaing jika tidak ada perhatikan. Bahkan menjadi merugi apabila tidak dikelola dengan baik.

“Sebelum kita memutuskan membuka sebuah bidang usaha, sebaiknya kita memperhatikan betul apa saja yang ingin kita garap dan peluangnya jelas mampu meningkatkan perekonomian desa setempat, sehingga tercapainya kesejahteraan tersebut,” katanya.

Politisi PAN ini mencontohkan, desa yang memiliki potensi seperti petani, sebaiknya BUMDes menempatkan diri sebagai bisnis penampungan hasil pertanian atau menyediakan jasa penggilingan padi dan lainnya.

“BUMDes harus bisa menjadi solusi perekonomian masyarakat desa, sehingga mereka akan merasakan betul dampak positif tersebut. Baik dalam hal pemasaran hasil usaha warga, sampai pada membantu usaha warga setempat,” pungkasnya.*/c-mgi

Pos terkait