Minimalisir Karhutla, Warga Dilarang Bakar Lahan

  • Whatsapp

KUALA PEMBUANG/tabengan.com – Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Muhammad Aswin mengimbau masyarakarak agar bisa mematuhi larangan membakar lahan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah itu.

“Memang perlu kesadaran agar mematuhi larangan membakar hutan dan lahan untuk mencegah terjadinya Karhutla yang bisa menimbulkan banyak efek negatif bagi lingkungan dan kesehatan,” ujarnya, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, meski hingga saat ini di Kabupaten Seruyan, khususnya wilayah Kuala Pembuang, masih sering diguyur hujan, tidak menutup kemungkinan Karhutla bisa terjadi.

Lebih jauh dikatakannya, pihaknya selaku wakil rakyat turut memberikan imbauan, agar warga bisa mematuhi larangan membakar lahan, agar tidak memicu terjadinya kebakaran yang lebih luas lagi.

“Saya mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan, untuk menghindari adanya karhutla. Kita harus tetap waspada karhutla. Karena saya lihat di beberapa daerah ada terjadi karhutla,” katanya.

Dijelaskannya, terjadinya karhutla akan berdampak negatif terhadap kesehatan manusia. Apalagi bagi lingkungan sekitar. Alam akan rusak dan tercemar oleh asap yang dihasilkan karhutla.

Sebab, kondisi ini kemungkinan besar tidak hanya berdampak ke satu wilayah, tetapi juga bisa berdampak dan menyebar ke daerah lain dan bisa merugikan banyak pihak.c-din

Pos terkait