Seluas 10 Ha Lahan di Taruna Terbakar

  • Whatsapp

PULANG PISAU/tabengan.com – Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), tepatnya di Desa Taruna, Rabu (4/7).

Kepala Desa Taruna, Udin Agun mengatakan, saat ini kondisi sejumlah lahan di wilayah Desa Tanjung Taruna yang terjadi kebakaran cukup luas.

“Kalau secara pasti luasan yang terbakar kita belum dapat dipastikan berapa luasannya. Menurut pantauan Masyarakat Peduli Api (MPA) kebakaran di wilayah desa kami ini cukup memprihatinkan. Artinya cukup luas,” kata Udin kepada wartawan ini, Kamis (4/7).

Dia berharap, terkait bencana karhutla ini agar seluruh pihak dapat bersinergis dan bertindak cepat dalam menghadapi bencana tersebut.

“Para pejuang atau petugas pemadam di lapangan perlu jaminan keselamatan dan kesejahteraan. Dalam hal ini seluruh lembaga baik pemerintah maupun swasta serta masyarakat terus bersinergi dan bertindak cepat,” harapnya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulpis, Salahudin saat dikonfirmasi mengatakan, kondisi terakhir Karhutla di Desa Taruna Kecamatan Jabiren Raya sudah membaik. Tim pemadaman yang diterjunkan telah melakukan pembasahan lahan yang terbakar, sehingga kebakaran diharapkan tidak meluas.

“Siang ini kondisi baik setelah dilakukan pembasahan bekas bakaran secara terpadu. Semua regu sudah balik kanan ke pos masing-masing,” kata Salahudin kepada Tabengan, kemarin.

Dia juga menambahkan luasan lahan yang terbakar sekitar 10 hektare. Mengingat kondisi kemarau yang diperkirakan cukup panjang hingga bukan November nanti, diharapkan semua komponen masyarakat bisa bahu membahu menjaga lingkungan dan lahan. c-ger

Pos terkait