Hari Jadi Ke-17 Kabupaten Pulang Pisau

  • Whatsapp

PULANG PISAU/tabengan.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, menyampaikan apresiasinya dengan apa yang telah dicapai oleh Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), terutama dalam penggunaan APBD kabupaten, sehingga Kabupaten Pulpis mampu meraih penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng.

Demikian hal itu disampaikan Sugianto didampingi Bupati Pulpis H. Edy Pratowo dan Wakil Bupati Pudjirustaty Narang beserta jajaran pejabat Pemkab, usai memimpin upacara Hari Jadi ke-17 Kabupaten Pulpis, Selasa (2/7).

Bacaan Lainnya

“WTP ini penghargaan yang luar biasa yang telah dilakukan Kabupaten Pulang Pisau. Artinya tanggungjawab penggunaan anggaran di Kabupaten Pulang Pisau betul-betul transparan dan terjaga dengan baik,” ujar Gubernur.

Kemudian Sugianto menuturkan bahwa Kabupaten Pulpis merupakan salah satu daerah pangan termasuk Kabupaten Kapuas, Katingan, Barito Timur (Bartim), Kotawaringin Timur (Kotim), Kotawaringin Barat (Kobar) dan lainnya.

“Jangan sampai budidaya pertanian dan pangan ini beralih ke perkebunan seperti sawit dan lainnya,” ujar Sugianto.

Apa lagi bila Provinsi Kalteng nantinya telah ditetapkan menjadi daerah Ibu Kota Indonesia dirinya sudah telah mengingatkan para bupati sebelum berjalan menyarankan agar memperkuat sektor budidaya. Sehingga jika nantinya jumlah penduduk Kalteng bertambah maka sektor pertanian, peternakan, dan perikanan tetap terjaga ke depan.

Sementara terkait inprastruktur, Gubernur meminta tetap fokus, terutama sinergitas antara kabupaten, kota dan provinsi. Karena menurutnya anggaran-anggaran dari provinsi akan tetap mendukung dan membantu untuk peningkatan pembangunan infrastruktur.

“Untuk pembangunan jalan Pulpis-Bahaur kita targetkan tahun 2020 akhir selesai. Namun nanti kita lihat berapa dana DAK masuk ke provinsi. Sebelumnya ketika menghadap pak Presiden yang berjanji akan membantu,” beber Sugianto.

Dia menambahkan tidak hannya untuk penyelesaian pembangunan infrastruktur Pulpis-Bahaur saja, termasuk penyelesaian Pelabuhan Sigintung, dan diberapa titik jalan lainnya yang akan dibantu pemerintah pusat melalui dana APBN. c-mye

Pos terkait