Pertanian Kalteng Perlu Dukungan Serius Pemerintah

  • Whatsapp

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalteng HM Asera mengatakan pembangunan pertanian di Kalteng perlu didukung serius oleh pemerintah pusat. Pasalnya, lahan yang ada di Bumi Tambun Bungai ini sangat potensial dikembangkan menjadi kawasan pertanian.

Oleh sebab itu, dia menyambut positif adanya wacana pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menyumbangkan 40 ribu alat mesin pertanian (alsintan) ke seluruh provinsi di Indonesia dan akan direalisasikan pada 2019 ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, khusus di Kalteng memiliki potensi untuk menjadi lumbung padi nasional. Sebab itu, ia menyampaikan pemerintah pusat harus serius membantu pembangunan pertanian di wilayah ini, sehingga ke depan pertanian di Bumi Tambui Bungai bisa semakin berkembang.

“Pertanian Kalteng memiliki potensi untuk menjadi lumbung nasional, kalau ada bantuan akan menambah gairah para petani agar bisa berkembang pesat,” kata Asera, saat dibincangi Tabengan, di gedung dewan, Rabu (26/6).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga berharap sumbangan pemerintah pusat, khususnya untuk Provinsi Kalteng, nantinya bisa dialokasikan secara merata di seluruh kabupaten/kota, sehingga bisa berkembang secara serentak.

“Yang namanya perkembangan atau kemajuan di bidang pertanian, tidak boleh hanya di satu di wilayah, walaupun Kalteng telah memiliki wilayah khusus untuk pertanian yaitu Kabupaten Kapuas yang dikenal sebagai lumbung padi Kalteng, wilayah lain juga harus berkembang. Oleh karena itu kita berharap, jatah sumbangan ini bisa dibagikan secara merata disetiap kabupaten/kota,” pungkasnya. sgh

Pos terkait